Waspada Teror Pinjol! Berikut Ini 4 Tips Untuk Melindungi Data Pribadi ari Pinjol Ilegal yang Meresahkan

Waspada Teror Pinjol! Berikut Ini 4 Tips Untuk Melindungi Data Pribadi ari Pinjol Ilegal yang Meresahkan

Waspada Teror Pinjol! Berikut Ini 4 Tips Untuk Melindungi Data Pribadi ari Pinjol Ilegal yang Meresahkan-poto ilustrasi-

 

RADARBENGKULUONLINE.ID - Kita hidup di era di mana pinjaman online (pinjol) menjadi semakin populer sebagai solusi cepat untuk mendapatkan dana. 

Namun, perlu diketahui juga bahwa ada sejumlah platform pinjol ilegal yang tidak diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mengutip dari laman suarapemerintah, pinjol ilegal ini dikenal sangat brutal dalam menagih cicilan kepada nasabah yang mengalami masalah pembayaran. 

Penagih utang pinjol ilegal ini tidak hanya akan 'mengganggu' Anda, tetapi juga kontak ponsel Anda.

Ahli programmer mengklailm bahwa penagih hutang ini melakukan pendekatan dengan menelepon setiap kontak yang terdaftar di ponsel Anda.

Dengan kata lain, mereka tidak hanya menghubungi kontak darurat Anda.

Jika mereka melakukannya, Anda tidak hanya perlu khawatir tentang cicilan.

Hal ini juga akan merusak hubungan Anda dengan orang-orang yang kontaknya tersimpan di ponsel Anda.

Jadi, bagaimana cara melindungi kontak ponsel Anda dari pinjaman online yang tidak resmi? Berikut beberapa tips untuk membantu Anda melindungi data pribadi Anda dari penyalahgunaan pinjaman online.

- Jangan izinkan akses ke aplikasi

Cara terbaik untuk melindungi data kontak Anda dari aplikasi pinjaman online adalah dengan tidak mengizinkan akses ke kontak dan data lainnya. Ketika Anda meluncurkan aplikasi, sistem dapat mengakses beberapa informasi di ponsel Anda.

Jika Anda memberikan izin kepada aplikasi tersebut, sistem dapat mengambil data kontak di ponsel Anda. Data ini dikenali oleh pinjol sebagai kontak darurat yang dapat dihubungi jika terjadi masalah pembayaran.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: