Waspada Teror Pinjol! Berikut Ini 4 Tips Untuk Melindungi Data Pribadi ari Pinjol Ilegal yang Meresahkan

Waspada Teror Pinjol! Berikut Ini 4 Tips Untuk Melindungi Data Pribadi ari Pinjol Ilegal yang Meresahkan

Waspada Teror Pinjol! Berikut Ini 4 Tips Untuk Melindungi Data Pribadi ari Pinjol Ilegal yang Meresahkan-poto ilustrasi-

Biasanya, informasi yang diakses atau diambil oleh aplikasi pinjol adalah daftar nomor kontak, alamat email, lokasi, atau akun jejaring sosial. Semua data kontak yang ada di ponsel bisa diambil dan dibaca oleh aplikasi pinjol.

 

Jika Anda telah memberikan izin, kontak ponsel Anda mungkin telah diambil oleh pinjol dan disimpan di server. Anda tidak lagi dapat melakukan apa pun dengan kontak tersebut.

 

Namun, Anda bisa melindungi kontak baru ponsel Anda dengan menonaktifkan izin. Hal ini bisa dilakukan dengan masuk ke menu Pengaturan di ponsel Anda, pilih opsi Aplikasi dan temukan aplikasi pinjol yang sudah terinstal.

Opsi izin aplikasi memungkinkan Anda untuk menonaktifkan izin untuk kamera, kalender, kontak, penyimpanan, dan lokasi.

 

Jangan meminjam dari Pinjor ilegal

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah aplikasi yang Anda gunakan untuk meminjam uang. Hindari meminjam uang dari pinjol ilegal yang bisa Anda temukan di daftar pinjol OJK.

 

Pinjol resmi biasanya menjaga kerahasiaan informasi pribadi nasabahnya dan menawarkan bunga yang rendah. Sebaliknya, pinjol ilegal tidak akan segan-segan menyalahgunakan data kontak yang ada di ponsel Anda.

 

- Perhatikan syarat dan ketentuan transaksi

Hutang dan piutang adalah aktivitas yang harus dilakukan dengan hati-hati. Hal ini termasuk syarat dan ketentuan transaksi.

Oleh karena itu, penting untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: