Bengkulu Utara Persiapkan Diri Untuk Menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan

Bengkulu Utara Persiapkan Diri Untuk Menanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan

Bengkulu Utara Siagakan Komando Satuan-Berlian-radarbengkulu

radarbengkuluonline.id, Arga Makmur - Bupati Bengkulu Utara Ir. H. Mian diwakili Asisten I Samsul Maarif, SKM., M.Kes, menghadiri apel kesiapsiagaan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. Acara itu digelar di halaman Mapolres Bengkulu Utara, Kamis, 8 Agustus 2024.

Hadir pada apel tersebut, Bupati Bengkulu Utara,Dandim 0423/BU, Ketua Pengadilan Negeri BU, Kepala Kejaksaan Negeri BU, Kepala BPBD, Kepala Dinas Damkar , Kepala Diskominfo, Kasatpol, Kepala Dinas Kehutanan, Kepala Dinas Perhubungan, camat, dan para peserta apel .

BACA JUGA:Bengkulu Utara Terima Duplikat Bendera Merah Putih dari BPIP

BACA JUGA: Tingkatkan Keandalan Listrik di Bengkulu Utara, PLN Operasikan Gardu Induk Arga Makmur

 

“Diharapkan setiap instansi dan stakeholder yang tergabung di dalam komando satuan tugas kebakaran hutan dan lahan, dapat mempersiapkan segala sesuatunya sejak dini,” ujar Asisten I, Samsul Maarif, SKM., M.Kes saat menghadiri apel kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla di wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.

Lebih lanjut Asisten I Setdakab BU mengatakan, kegiatan apel ini fokus pada upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan, edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat secara persuasif dengan melibatkan semua pihak dari level atas hingga bawah menjadi salah satu langkah yang kita lakukan dalam upaya pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA:Jasa Raharja Bersama Polres Bengkulu Utara Sosialisasi Pengajar Peduli Keselamatan Lalu Lintas di SMPN 3 Utara

BACA JUGA:Tertunduk Malu, Oknum Sekcam di Bengkulu Utara Ditetapkan Tersangka Oleh Pihak Kepolisian

 

Namun, jika tindakan pemadaman harus tetap dilakukan, jangan sampai terlambat. Harus tanggap terhadap titik api sekecil apapun, sehingga tidak terjadi kebakaran hutan dan yang tidak terkendali. Prioritaskan upaya mendeteksi dini sebagai tindakan pencegahan kerugian beberapa hal.

“Seluruh stakeholder diminta untuk bersinergi dan bekerjasama. Pemerintah kecamatan dan desa diharapkan dapat membentuk satgas penanggulangan bencana, serta perusahaan besar swasta untuk meningkatkan koordinasi pencegahan dan penanggulangan karhutla,”ujarnya.

BACA JUGA:Sebanyak 44 Calon Paskibra Bengkulu Utara Ikuti Pusdiklat

BACA JUGA:Dipimpin Sekda, Pemkab Bengkulu Utara Matangkan Persiapan Peringatan HUT RI ke -79

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu