KPBI Provinsi Bengkulu Talkshow Kopi Bengkulu Menggali Potensi dan Peluang Pasar Internasional

 KPBI Provinsi Bengkulu Talkshow Kopi Bengkulu Menggali Potensi dan Peluang Pasar Internasional

Bencoolen Fest X BRIEF 2024 yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu menggelar talkshow kopi Bengkulu untuk menggali potensi dan peluang pasar di internasional-naura qristina-

 

Ia juga menambahkan kopi-kopi kualitas bagus ini harus terus di maintance dan tidak boleh puas dulu dengan prosesnya yang panjang untuk mendapatkan satu kopi yang bagus.

 

"Selain itu memang SOPnya juga harus dijaga, seperti penjemuran, terus terhadap pohon-pohon kopi di lingkungan itu sangat berpengaruh, karena posisinya kopi ini kan sensitif. Jadi kenaikan suhunya sedikit atau penurunan suhunya sedikit kualitasnya berubah." katanya.

Andy juga menjelaskan bahwa paling banyak rasionya itu dari prosessing di petani.

"Makanya kalau memang bisa ya kita sinergi lah antara petani maupun pejabat daerahnya maupun perusahaannya. Supaya untuk menjaga lingkungan tetap aman." tambahnya.

Pada dasarnya potensi kopi robusta ataupun arabica dari Bengkulu ini memang sudah sangat luar biasa.

"Kita termasuk segitiga emas untuk Robusta. Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan. Ini Robusta yang paling banyak beredar itu adalah Robusta dari sini." jelasnya.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa petani-petani binaan yang dibawa oleh Bank Indonesia ini, masing-masing memiliki kualitas yang bagus.

"Jadi harapannya kalau dengan posisi seperti ini maunya para petani ini ya tetap difasilitasi oleh BI. Supaya mereka tetap semangat untuk menjaga kualitas kopi, bukan mengejar kuantitas. Selama mengejar kualitas, mereka harus menjaga prosesnya. Supaya rasanya nggak berubah, karena kalau mereka prosesnya nggak sama itu rasanya langsung berubah." jelasnya.

BACA JUGA:Ini Tempat Oleh-Oleh Yang Harus Dikunjungi Saat Liburan Ke Surabaya-Malang, Pasar Genteng Salah Satu Tempatnya

BACA JUGA: 4 Paslon Bupati-Wakil Bupati Mukomuko Mulai Pamer Kekuatan dan Umbar Program ke masyarakat

Sesi diskusi yang diadakan dalam talkshow ini tidak hanya berfokus pada teknik pemasaran dan pengembangan bisnis, tetapi juga pada pentingnya menjaga kualitas dan orisinalitas kopi Bengkulu. 

 

Pada talkshow kali ini menekankan bahwa kunci kesuksesan kopi terletak pada kualitas biji kopi serta proses pengolahannya yang harus dilakukan dengan penuh dedikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: