Isu Gempa Megatrust, Yakesma dan Basarnas Berikan Edukasi Tanggap Bencana di SDN 42 Kota Bengkulu

Isu Gempa Megatrust, Yakesma dan Basarnas  Berikan Edukasi Tanggap   Bencana di SDN 42 Kota Bengkulu

Anggota Basarnas ketika memberikan simulasi bencana di SDN 42 Kota Bengkulu-Adzkia Brilliantna -radarbengkulu

 

"Semoga saja materi dari kakak-kakak ini bisa bermanfaat dan bisa disampaikan ke keluarganya. Sehingga, kalau ada sesuatu yang terjadi, mereka bisa melaksanakan apa yang sudah mereka dengar. Harapannya semoga saja jika bencana ini terjadi, tidak banyak memakan korban. Nah, dengan adanya  kegiatan seperti ini, semoga bisa membantu anak-anak agar tahu apa yang akan mereka perbuat dan tidak dengan rasa panik," tambah Rukni. 

Salah seorang narasumber dari Basarnas, Yahya menegaskan pentingnya edukasi yang diberikan melalui sosialisasi seperti ini. Mengingat, isu Megatrust yang tidak tahu kapan terjadi.

BACA JUGA: Duta Kompetisi Sains Madrasah MIN 2 Bengkulu Tengah Siap Harumkan Nama Madrasah

BACA JUGA:19 Siswa MIN 2 Bengkulu Tengah Bersaing di Olimpiade PAI Nasional


Kepala SDN 42 Kota Bengkulu, Agustina S. Pd -Adzkia Brilliantna -radarbengkulu

 

"Program kita hari ini adalah mitigasi terhadap bencana. Yaitu upaya kita mengurangi dan menghilangkan risiko pada saat sebelum maupun sesudah terjadinya bencana. Jadi, kita datang ke sekolah SDN 42 Kota Bengkulu, tujuannya supaya adik-adik di SDN 42 ini tahu nantinya ada terjadi gempa yang mana bencana ini kan tidak bisa kita hindari, tetapi bisa kita siasati," ucap Yahya saat usai tugas. 

Afra Julianda Poetra Branch Manager  Yakesma menyampaikan tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini yaitu mengedukasi guru maupun siswa siswi SDN 42 tentang pentingnya tanggap terhadap bencana.

BACA JUGA:MIN 2 Bengkulu Tengah Gelar Survey Penilaian Akurasi Data EMIS Madrasah 2024

BACA JUGA:TK Sint Carolus Bengkulu Raih Juara Dua Lomba Mendongeng

 

"Bengkulu inikan masuk dalam kategori rawan bencana. Baik gempa bumi, banjir, longsor, maupun tsunami. Sehingga, ini menjadi PR untuk kita bagaimana kita bisa membuat anak-anak sadar tentang bencana alam yang ada di Bengkulu itu sendiri. Agar, ketika bencana itu terjadi, merek tau apa yang harus mereka lakukan. Baik pasca bencana maupun setelah bencana itu terjadi," ungkap Yahya kepada RADAR BENGKULU.

Yahya juga mengungkap bahwa kegiatan ini sudah terlaksana tiga kali di sekolah-sekolah yang memang siap dalam kegiatan ini. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu