Petani Bengkulu Sambut Gembira, Pekan Depan Harga Sawit Naik Jadi Rp2000

Petani Bengkulu Sambut Gembira, Pekan Depan Harga Sawit Naik Jadi Rp2000

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Petani di Provinsi Bengkulu menyambut gembira rencana kenaikan harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit. Kegembiraan tersebut meluap setelah sekian lama harga TBS terpuruk, bahkan hanya Rp. 400; ditingkat petani.  Bahkan petani banyak yang tidak melakukan panen sawit. Sebab antara harga jual TBS dan ongkos dodos dan angkut tidak balik sama sekali. Bahkan makan modal. 

Jika harga jual TBS bisa bertahan diangka Rp. 2000; saja, maka dipastikan petani kelapa sawit dapat menikmati hasil kebunnya. "Semenjak harganya hanya Rp. 400an ditingkat petani, saya memilih tidak panen, karena antara ongkos panen dan harga jual sama sekali tidak balik, bahkan harus mengeluarkan biaya lagi," kata Sarni (38), yang punya delapan hektar kebun sawit di Pinang Raya, Bengkulu Utara, Kamis 4 Agustus 2022. 

Dilansir dari JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID,, jaringan RADARBENGKULU.DISWAY.ID  menyebutkan, harga jual TBS bakal naik jadi Rp2000. Setelah Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi dan menjawab pertanyaan petani kelapa Sawit disana yang sangat terpuruk, karena harga jual rendah. 

BACA JUGA:Warga dan Petugas Damkar Kota Bengkulu Tangkap Ular Piton 2 Meter

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan tiba di Pasar Angso Duo Jambi dalam rangka kunjungan kerja pada Selasa, 2 Agustus 2022. Zulhas tiba di Pasar Angso Duo di dampingi oleh Gubernur Jambi Al Haris sekira pukul 11.00 WIB. Setelah tiba, Zulhas langsung mengunjungi toko-toko yang ada di Pasar Angso Duo. Saat berdialog dengan petani sawit di Jambi, Zulhas menegaskan bahwa dalam waktu minggu depan, harga Tandan Buah Sawit (TBS) sudah harus diatas Rp2.000. "Ini Instruksi langsung dari Bapak Presiden, saya selaku Mendag menyampaikan bahwa minggu depan harga TBS sudah diatas Rp2.000," katanya.

Hal ini bisa dilakukan karena Kemendag sudah menghapus pajak ekspor yang dibebankan kepada pengusaha sawit. "Baik mitra maupun non mitra perusahaan harganya harus di atas Rp2.000, jika tidak perani boleh protes, jangan jual TBSnya," tambahnya.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (22)

Diketahui sebelumnya, dari informasi yang didapat, Mendag dijadwalkan tiba di Bandara Sultan Thaha Saifuddin Jambi pada pukul 10.00 WIB dan disambut langsung Gubernur Jambi, Al Haris. Ada beberapa agenda kunjungan Mendag ke Jambi yakni peninjauan Pasar Angsoduo Jambi, Ground Breaking PT Nusantara Green Energy di Simpang Jelutih, Kabupaten Batanghari. (hcr/dra)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: