Mukomuko “Swasembada” Hewan Kurban

Senin 12-07-2021,19:52 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

RBO >>>  MUKOMUKO >>>  Sektor peternakan di Mukomuko dapat dikatakan cukup berhasil. Ini dibuktikan, Kabupaten Mukomuko mampu memenuhi kebutuhan hewan kurban untuk masyarakat dalam daerah alias swasembada. Baik ternak sapi, kerbau, maupun kambing. Bahkan ternak masyarakat diekspor ke luar daerah.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, Warsiman, S.Pt. mengatakan, dari data yang mereka miliki, Mukomuko memiliki sekitar 113 ribu hewan ternak. Ini sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan kurban masyarakat setempat yang setiap tahunnya kisaran 500 hingga 600 ekor.

"Jumlah itu sangat cukup. Jadi saya rasa tidak perlu lagi memasok atau mendatangkan hewan kurban dari luar daerah," kata Warsiman ketika dikonfirmasi radarbengkuluonline.com tadi siang.

Selain itu, ungkap Warsiman, pihaknya akan turun mengecek kondisi kesehatan hewan sebelum disembelih. Jika hewan tersebut kondisinya sakit, petugas tidak akan mengeluarkan rekomendasi penyembelihan. Bukan hanya itu saja, daging kurban sebelum dibagikan kepada masyarakat juga akan dicek. "Kita akan menurunkan petugas di wilayah masing-masing. Kami ingin, daging kurban yang dikonsumsi masyarakat itu sehat."

Ia mengimbau kepada seluruh panitia kurban yang ada di Kabupaten Mukomuko dapat melibatkan petugas kesehatan hewan sebelum penyembelihan dilaksanakan. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait