Ini Tips Mengenali Berita Hoax

Kamis 29-07-2021,19:48 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Senin, 19 Juli 2021, Jam 13.00 WIB

RBO, MANNA - Untuk rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk meng edukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 Kota / Kabupaten area Sumatera II, mulai dari Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI / Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya.

Ada 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam thema.

Sebagai Keynote Speaker, Gubenur Provinsi Bengkulu yaitu Dr. drh. Rohidin Mersyah, M.M.A., memberikan sambutan tujuan Literasi Digital agar masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital, bermanfaat dalam membangun daerahnya masing masing oleh putra putri daerah melalui digital platform. Bp. Presiden RI, Bapak Jokowi juga memberikan sambutan dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

CHIKA AUDHIKA (Co-Founder dan CMO Bicara Project), pada sesi KECAKAPAN DIGITAL. Chika memaparkan tema “TREN PEKERJAAN DAN USAHA DI DUNIA DIGITAL”. Dalam pemaparannya, Chika menjelaskan beberapa tren pekerjaan yang paling dicari tahun 2021 antaranya, copywriter atau content writer, web developer, UI/UX designer, social media strategist, SEO specialist, dan data research. Tingkatkan digital skill dengan 3M yaitu, mengetahui macam-macam produk digital, menguasai produk digital, serta memanfaatkan produk digital. Manfaatkan digital skill dengan menciptakan branding, memperluas koneksi, dan memperkuat bisnis.

Dilanjutkan dengan sesi KEAMANAN DIGITAL oleh, MUH. RIDWAN ARIF, M.PD (RTIK Indonesia, Praktisi Pendidikan, dan Praktisi Digital Parenting). Ridwan mengangkat tema “KEAMANAN DARI PIN, PASSWORD, TWO FACTOR AUTHENTICATION, DAN OTP”. Ridwan menjelaskan PIN merupakan angka sandi yang hanya diketahui oleh pengguna platform digital dan sistem autentikasi platform digital tersebut. Tips penggunaan PIN yang baik dengan cara, hindari memilih kombinasi angka yang mudah ditebak, tidak menuliskan PIN di kartu identitas, gunakan PIN yang berbeda untuk kepentingan yang berbeda, serta selalu tutupi PIN dengan tangan jika ingin memasukan PIN pada ATM. Password merupakan kumpulan karakter yang digunakan oleh pengguna jaringan atau sebuah sistem operasi yang mendukung banyak pengguna untuk memverifikasi identitas dirinya kepasa sistem keamanan yang dimiliki oleh jaringan tersebut. Tips penggunaan password yang aman meliputi, panjang password minimal delapan karakter, tidak mencantumkan informasi pribadi, dan tidak menggunakan kombinasi karakter yang mudah ditebak.

OTP merupakan penggunaan kode unik yang khas difungsikan satu kali dalam transaksi. Tips perlindungan terhadap OTP meliputi, pahami modus calon pembobol OTP, waspada jika calon pembobol menelpon untuk meminta bantua tau menawarkan hadiah, tidak berikan kode OTP kesiapapun, serta segara lapor ke pihak terkait jika terlanjur memberikan kode OTP kepada orang lain. Two factor authentication atau 2FA merupakan keamanan penggunaan sistem digital yang membutuhkan dua faktor identifikasi. Fitur keamanan yang digunakan untuk melakukan autentikasi ulang apakah pengguna yang akan login benar pemilik akun tersebut dan terdaftar dalam sistem.

Sesi BUDAYA DIGITAL oleh, YOYON INDRA JONI, S.SI (Wakil Kepala Sekolah SMAN 3 Bengkulu Selatan). Yoyon memberikan materi dengan tema “MEMAHAMI MULTIKULTURALISME DALAM RUANG DIGITAL”. Yoyon menjelaskan multikulturalisme adalah pandangan yang mengakomodasikan banyak aliran atau ideology budaya. Lebih ditekankan pada penerimaan terhadap keragaman budaya dalam realitas masyarakat. Ciri-ciri masyarakat multikultural diantaranya, memiliki struktur budaya lebih dari satu, sering terjadi konflik sosial yang berbau SARA, proses integritas yang terjadi berlangsung secara lambat, serta sering terjadi dominasi ekonomi, politik, dan, sosial budaya. Manfaat masyarakat multikultural mencakup, melalui hubungan harmonis dapat digali kearifan budaya, sebagai alat untuk membina dunia yang aman, muncul rasa penghargaan terhadap budaya lain, dan mengajarkan pandangan bahwa kebenaran itu tidak memonopoli orang atau suatu kelompok.

Konsekuensi masyarakat multikultural ialah, menunjuk pada kelompok tertentu karena kesamaan ras, agama, asal-usul bangsa, atau kombinasi katergori tersebut pada sistem nilai budayanya, pandangan atau paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, serta kecenderungan melihat dunia hanya melalui sudut pandang buday sendiri. Tips dalam menggunakan media digital meliputi, etika berkomunikasi, hindari penyebaran SARA, kroscek kebenaran berita, hargai hasil karya orang lain, serta saring dulu sebelum sharing atau berbagi.

Narasumber terakhir pada sesi ETIKA DIGITAL oleh, VICTORIZAL, S.SI (Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Bengkulu Selatan). Victorizal mengangkat tema “TIPS MENGENALI BERITA PALSU DAN VERIFIKASI”. Victorizal menjelaskan kemajuan pesat dalam komunikasi digital berdampak baik dengan memudahkan masyarakat dalam menerima informasi maupun membagikan sebuah informasi namun, tidak ada filter dalam komunikasi digital yang mengakibatkan dapat merugikan, meracuni, dan menyesatkan masyarakat seperti berita bohong atau hoax.

Tips mengenali berita hoax antara lain, skeptis tau kurang percaya terlebih dahulu terhadap judul berita, perhatikan URLnya, selidiki sumbernya, perhatikan format yang tidak biasa, cek foto atau video, periksa tanggalnya karena berita hoax berisi berita tidak masuk akal, serta lihat berita yang sama dari sumber lainnya. Waspada sangat diperlukan untuk menangkal berita bohong atau hoax. Webinar diakhiri oleh, BEN IMANTAKA (Chef, Content Creator, dan Influencer dengan Followers 33,9 Ribu). Ben menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber berupa, tingkatkan digital skill dengan 3M yaitu, mengetahui macam-macam produk digital, menguasai produk digital, serta memanfaatkan produk digital. Tips penggunaan password yang aman meliputi, panjang password minimal delapan karakter, tidak mencantumkan informasi pribadi, dan tidak menggunakan kombinasi karakter yang mudah ditebak.

Tips dalam menggunakan media digital meliputi, etika berkomunikasi, hindari penyebaran SARA, kroscek kebenaran berita, hargai hasil karya orang lain, dan saring dulu sebelum sharing atau berbagi. Serta, tips mengenali berita hoax antara lain, skeptis tau kurang percaya terlebih dahulu terhadap judul berita, perhatikan URLnya, selidiki sumbernya, perhatikan format yang tidak biasa, cek foto atau video, periksa tanggalnya karena berita hoax berisi berita tidak masuk akal, serta lihat berita yang sama dari sumber lainnya. (rls)

Tags :
Kategori :

Terkait