Panen Pahala dan Ampunan di Bulan Zulhijjah

Jumat 14-06-2024,09:25 WIB
Reporter : radar
Editor : radar

Dari hadis diatas dapat diketahui bahwa Allah SWT akan mengampuni dosa  hambanya 2 tahun. Yakni 1 tahun yang lalu dan 1 tahun yang akan datang . 

Oleh karena itu, jangan sampai kita abaikan kesempatan yang begitu berharga untuk kaum muslmin dan muslimat.

 

Hadirin Sidang Jumat yang dimuliakan Allah SWT

Di riwayat yang lain Nabi Muhammad SAW menjelaskan secara umum pahala bagi yang berpuasa. Yaitu akan terhindar dari api neraka.  Sebagaimna Rasulullah bersabda  :

ما من عبدٍ يصوم يومًا في سبيل الله إلا باعد الله بذلك اليوم عن وجهه النار سبعين خريفًا

Yang artinya : ''Tidak seorang muslim berpuasa satu karena mengharapkan ridho Allah kecuali orang tersebut akan dijauhkan dari api neraka sejauh 70 tahun.'' 

(H.R. Imam Bkhori & Muslim)

 

2.Berqurban

ما عمل ابن آدم يوم النحر من عملا أحب إلى الله تعالى من إراقة دم إنها لتأتي يوم القيامة بقرونها وأظلافها  وإن الدم ليقع من الله بمكان قبل أن يقع على الأرض فطيبوا بها نفسا

Yang artinya: “Tidak ada pekerjaan anak cucu Adam pada hari raya yang lebih dicintai oleh Allah SWT, melainkan mengalirkan darah binatang Qurban, sesungguhnya binatang Qurban itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya dan kuku-kukunya dan sesungguhnya darahnya yang terjatuh dari Allah SWT di suatu tempat mulia sebelum jatuh ke bumi, maka ikhlaskan hati berkurban.” 

(HR. Tirmidzi, Hakim dan Ibnu Majah dari Aisyah).

 

 

3. Shalat Idul Adha

Kategori :