KPw BI Bengkulu Datangkan Banyak Investor, BRIEF Berhasil Percepat Realisasi Investasi di Provinsi Bengkulu

Senin 30-09-2024,18:53 WIB
Reporter : Raditya Farosta
Editor : syariah muhammadin

Insentif ini dirancang untuk menarik lebih banyak investor ke sektor-sektor strategis di Bengkulu.

Di samping itu, Sekda memaparkan, Bengkulu memiliki berbagai sektor unggulan dan proyek strategis yang siap menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, baik di tingkat regional maupun nasional.

Mengapa Bengkulu layak sebagai destinasi Investasi? faktor pendukungnya yakni Provinsi Bengkulu yang paling siap untuk menarik investasi, dengan segala keunggulan yang ada.

 

Bengkulu memiliki beberapa sektor ekonomi unggulan yang menopang pertumbuhan ekonomi daerah. Diantaranya sektor perkebunan, terutama kelapa sawit, kopi, dan tanaman pangan, terus menunjukkan peningkatan produktivitas yang signifikan.

 

Sektor ini merupakan salah satu penopang utama ekonomi daerah, dengan kontribusi besar terhadap produk domestik regional bruto (pdrb). Sektor perdagangan juga berkembang pesat, didorong oleh peningkatan daya beli masyarakat dan kebijakan pemerintah yang mendukung investasi nasional,

khususnya di sektor makanan dan minuman.

Selain itu, sektor transportasi dan pergudangan menunjukkan peningkatan signifikan dalam mobilitas, baik untuk perdagangan, investasi, maupun pariwisata.

Investasi telah menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi berkelanjutan Bengkulu.

Bengkulu memiliki rasio investasi tertinggi kedua (39,41%) di wilayah Sumatera. Rasio ini juga lebih tinggi dibandingkan dengan rasio investasi nasional. 

Di setiap kabupaten di Bengkulu memiliki potensi investasi yang spesifik dan unggul di berbagai sektor. Sebagai contoh, kabupaten Lebong dan Rejang Lebong memiliki potensi besar di sektor hortikultura, terutama jeruk gerga dan kopi, serta potensi energi terbarukan seperti mini-hydro dan geothermal.

Sementara itu, kabupaten Mukomuko dan Bengkulu Utara menawarkan potensi investasi di sektor kelapa sawit, karet, batu bara, dan perikanan udang.

Begitu juga di kabupaten lain yang masing-masing memiliki potensi tinggi untuk pengembangan investasi.

Proyek-proyek strategis ini telah dipetakan dan siap

untuk dikembangkan melalui kerja sama dengan investor,

Kategori :