Rakorda ST2023 Bengkulu: Evaluasi dan Harmonisasi Data Pertanian untuk Kebijakan 2025

Jumat 18-10-2024,19:05 WIB
Reporter : Naura Qristina
Editor : syariah muhammadin

RADAR BENGKULU - Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Sensus Pertanian 2023 (ST2023) Provinsi Bengkulu dilaksanakan pada Kamis, 17 Oktober 2024, di Two K Azana Hotel Bengkulu. 

Acara ini bertujuan untuk mengevaluasi data Survei Ekonomi Pertanian 2024 guna memastikan kualitas data sektor pertanian yang dihasilkan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan di masa mendatang.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu, Ir. Win Rizal menekankan pentingnya survei ekonomi pertanian sebagai bagian dari upaya ST2023. 

BACA JUGA:Mengupas Fenomena Geng Motor, Deteksi Dini, dan Upaya Preventif bagi Generasi Muda

BACA JUGA:7 Negara Ini Menjadi Tujuan Liburan Tahun Baru

Ia menyatakan bahwa data yang dikumpulkan melalui survei ini bersifat lebih rinci meskipun hanya dari sampel yang mewakili setiap wilayah di Bengkulu. 

“Keterwakilan sampel ini harus benar-benar menggambarkan kondisi wilayah secara utuh,” ujar Win Rizal. 

Data ini nantinya akan digunakan untuk menggambarkan posisi Indonesia di sektor pertanian, termasuk dalam pemenuhan data SDGs (Sustainable Development Goals) yang dapat dibandingkan secara internasional.

Namun, Win Rizal juga menyebutkan adanya beberapa anomali dalam data yang harus segera diharmonisasi. 

BACA JUGA:19 Bangunan Rusak Diterjang Ombak Laut Mukomuko, Masyarakat Diimbau Waspada

BACA JUGA:Memanas Lagi, Konflik Agraria antara PT BRS Dengan Masyarakat Bengkulu Utara dan Mukomuko

"Kami mengundang pihak-pihak terkait seperti peternakan dan kehutanan untuk memastikan bahwa semua data yang kami miliki bebas dari keanehan atau distorsi,” tambahnya. 

 

Ia berharap data yang sudah diolah ini akan segera dirilis dan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan pertanian.

 

Kategori :