Selama Pelabuhan Pulau Baai Beroperasi Belum Ada Penetapan Alur oleh Kemenhub

Jumat 25-10-2024,09:21 WIB
Reporter : Windi Junius
Editor : Syariah muhammadin

 

Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, RA. Denni mengatakan, pihaknya segera melakukan pengurusan administrasi penetapan alur di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu kepada kementerian. 

 

"Pelabuhan Pulau Baai itu ternyata dari kementerian belum menetapkan jalur pelayaran, walaupun sudah puluhan tahun jalur itu digunakan. Oleh sebab itu kita sekarang mengajukan syarat administrasi pengakuan pemerintah tentang alur itu," ungkap RA Denni pada Kamis, 24 Oktober 2024.

 

 

Ia menambahkan, kondisi alur pelayaran di Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu saat ini mengalami pendangkalan yang sangat membutuhkan penanganan secepatnya. 

 

 

"Kondisi saat ini kedalamnya membuat kapal-kapal besar tidak bisa lagi, dan bisa masuk ketika air itu pasang, keluar pun menunggu air pasang kembali," imbuhnya. 

 

 

Dengan kondisi yang ada, RA. Denni menyebut sebelumnya pihaknya meminta kepada kementerian melalui departemen terkait untuk melakukan proses pengerukan. Namun dari pihak kementerian belum dapat dialokasikan anggaran pengerukan, sehingga dilakukan alternatif dengan melibatkan pendanaan dari pihak pengusaha di pelabuhan. 

 

 

"Jadi posisi sekarang kita buat sistem join antara PT. Pelindo dengan pihak pengusaha batu bara. Saat ini masih tahap negoisasi harga dan nanti kita fasilitasi di BPKP untuk menentukan harga pasnya berapa," ujar RA. Denni. 

Kategori :