Peminat Masuk IAIN Bengkulu Lewat Jalur UM PTKIN Capai 1.734 Orang

Peminat Masuk IAIN Bengkulu Lewat Jalur UM PTKIN Capai 1.734 Orang

Test Berbasis CBT & PBT

RBO, BENGKULU - Persaingan sengit untuk masuk kuliah di IAIN Bengkulu terjadi. Berebut kuliah di IAIN Bengkulu pun terlihat dari grafik, animo masyarakat calon mahasiswa yang setiap tahunnya meningkat.

Pada jalur UM PTKIN ini, ada 1.734 peserta yang mengikuti ujian masuk IAIN Bengkulu. UM PTKIN tahun ini sama dengan tahun sebelumnya yakni menggunakan seleksi masuk berbasis komputer atau CBT (Computer Best Test) dan Tes Tertulis atau PBT (Paper Best Test) dengan mata uji soal IPA, Matematika, IPS, kompetensi dasar bahasa Arab, Inggris dan Indonesia.

Berdasarkan pengamatan Dr. Abdul Halim, M.Ag tim pelaksanaan UM PTKIN di IAIN Bengkulu ini berjalan berjalan baik, jujur, sportif dan lancar. Para peserta datang tepat waktu dan mengerjakan soal dengan suasana kondusif, IAIN Bengkulu juga melaksanakan ujian masuk ini dengan baik sekali karena telah menyediakan tempat yang refresentatif bagi mahasiswa.

"Mudah-mudahan apa yang mereka (Calon Mahasiswa) upayakan memenuhi apa yang di inginkan IAIN Bengkulu. Secara umum, dari sisi sajial soal, panitia pusat meningkatkan peningkatan kualitas soal. Di benahi apa yang kurang tahun sebelumnya, termasuk saya sendiri yang benari layout soal di Palembang," Kata tim Monev dari Pusat yang memantau langsung berjalannya ujian UM PTKIN di IAIN Bengkulu (28/5).

Ketua panitia seleksi UM PTKIN Dr. Zulkarnain Dali, M.Pd saat melakukan monitoring mengatakan, Tes ada dua, CBT computer best test dan paper best test (PBT) atau ujian tertulis IAIN Bengkulu sudah melakukan seleksi SPAN PTKIN sebelumnya, dan saat ini adalah UM PTKIN. Pada jalur SPAn kita siapkan kuota 30 persen dan jalur UM ini disiapkan kuota 30 persen. Masih ada kesempatan masuk IAIN Bengkulu yakni dengan cara melakukan pendaftaran jalur mandiri setelah lebaran ini.

Minat masyarakat Bengkulu dan berbagai provinsi di Sumatera untuk kuliah di IAIN Bengkulu ini semakin terasa. hal ini dibuktikan dengan data. Jalur SPAN saja ada 1.600 orang pendaftar, jalur UM ini ada 1.700 dan akan membludak lagi pada jalur mandiri nanti. Sedangkan kuota IAIN Bengkulu tahun ini hanya sanggup menerima tak lebih dari 2.600 mahasiswa baru.  Pihak kampus akan menyeleksi ketat calon mahasiswa yang ingin kuliah di IAIN Bengkulu. Karena IAIN Bengkulu mengedepankan kualitas, akhlak yang baik bagi mahasiswa.  Untuk itu calon mahasiswa harus mempersiapkan diri kuliah di IAIN Bengkulu untuk menjadi sarjana yang punya ilmu seimbang antara ilmu pengetahun dan ilmu agama. (ae2)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: