Dana Bantuan Peremajaan Sawit Rp 14 Miliar Segera Mengalir ke Mukomuko

Dana Bantuan Peremajaan Sawit  Rp 14 Miliar Segera Mengalir ke Mukomuko

RBO  >>>  MUKOMUKO >>>>   Informasi diterima, dana replanting atau program peremajaan kelapa sawit tidak produktif milik masyarakat Kabupaten Mukomuko segera mengalir ke rekening kelompok penerima program pemerintah pusat ini. Ini dikabarkan Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, Heri Prasetyono, S.STP kemarin.

Dana tahap pertama yang bakal segera mengalir ini jumlahnya mencapai Rp 14 miliar lebih. Besaran dana itu sesuai dengan jumlah luas lahan yang sudah terverifikasi dan dinyatakan lengkap.

"Untuk tahap pertama ini, sesuai dengan yang sudah disampaikan sebelum-sebelumnya, ada empat kelompok yang bakal menerima bantuan replanting dengan total luas lahan 562 hektar. Setiap hektar akan dibantu sebesar Rp 25 juta," jelas Heri.

Katanya, empat kelompok penerima bantuan program replanting ini beberapa hari yang lalu telah menandatangani surat keterangan penyaluran dana peremajaan kelapa sawit. Selanjutnya, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) akan segera mentransfer dana ke rekening masing-masing kelompok, tidak melalui Distan Mukomuko.

"Penyalurannya melalui BRI yang merupakan mitra BPDPKS dan langsung ke rekening kelompok. Setelah penandatanganan surat keterangan penerimaan kemarin, informasinya dana akan segera ditransfer," beber Kadis.

Ditambahkannya, empat kelompok penerima program replanting tahap pertama ini yaitu KRP Tunas Harapan Desa Manjunto Jaya, Kecamatan Air Manjunto dengan total luas lahan 54 hektar, KRP Tanera Sejahtera Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Teramang Jaya luas lahan 103,3 hektar, KRP Wanita Usaha Desa Lubuk Bangko, Kecamatan Selagan Raya dengan luas lahan 134,17 hektar, dan lahan seluas 167,96 hektar milik KRP Sungai Batau Desa Lubuk Bangko, Kecamatan Selagan Raya.

"Semua persyaratan kelompok penerima bantuan ini sudah lengkap. Ketika dana cair, replanting segera di laksanakan," pungkasnya.(sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: