Waw, Bunga Bangkai Mekar Lagi di Talang Buai

Waw, Bunga Bangkai Mekar Lagi di Talang Buai

RBO, MUKOMUKO - Bunga Kibut atau dikenal juga dengan Bunga Bangkai, kerap mekar di hutan dekat kawasan air terjun di Desa Talang Buai Kecamatan Selagan Raya Kabupaten Mukomuko. Pada tahun 2019 lalu, diketahui dua kali bunga dengan nama latin Amorphophallus titanum mekar di kawasan tersebut. Pada awal tahun 2020 ini, bunga yang mengeluarkan aroma busuk ini kembali mekar di hutan dekat air terjun Desa Talang Buai. Pada hari Minggu (5/1) kemarin, bunga bangkai tersebut diprediksi baru saja merekah dari kuncupnya. Hal ini diungkapkan Eko, salah satu wisatawan yang telah berkunjung ke Air Terjun Talang Buai untuk melihat bunga tersebut.

"Posisi Minggu kemarin baru mekar. Dengan diameter mahkota baru sekitar setengah meter. Untuk ketinggiannya, dari tanah sampai pucuk kuncup diperkirakan 2 meter," ungkapnya dikonfirmasi kemarin.

Diperkirakan, bunga bangkai di Talang Buai itu akan mekar sempurna tiga hari kedepan. Dari posisi mekar sempurna, bunga tersebut bisa bertahan hingga tiga sampai lima hari baru mulai layu total, jika tidak ada gangguan.

Eko, yang juga aktivis lingkungan ini, berharap pengunjung tidak memegang apalagi merusak bunga yang indah tersebut. Sebab, mekarnya bunga bangkai itu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk berwisata ke air terjun Talang Buai.

"Kalau bisa jangan lagi dirusak, seperti terjadi sebelumnya. Bunga bangkai itu ada fase-fasenya sampai bisa memekarkan bunga lagi," pungkasnya. Ayo kunjungi bunga raksasa langka sekaligus menikmati indahnya air terjun di Desa Talang Buai. Apalagi kini murim durian maka akan semakin lengkap wisata anda. (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: