Rp 4,5 M, Lanjutan Pembangunan Mesjid Raya Baitul Izzah

Rp 4,5 M, Lanjutan Pembangunan Mesjid Raya Baitul Izzah

RBO, BENGKULU – Meskipun pembangunan dan pengembangan Mesjid Raya Baitul Izza sudah 2 tahap yang dimulai tahun anggaran 2018 dan 2019, rupanya kembali berlanjut untuk tahap ketiga. Dimana untuk tahap ketiga ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu sudah mengalokasikan anggaran bersumber dari APBD Provinsi tahun ini berkisar Rp 4,5 Miliar.

Kadis PUPR Provinsi, Ir. Mulyani mengatakan, untuk tahap ketiga pada tahun ini, lebih menitik beratkan pada penataan kawasan Mesjid Raya Baitul Izzah. "Kalau tidak salah, anggaran yang disiapkan berkisar Rp 4,5 Miliar. Adapun yang dibangun seperti areal parkir dan bangunan penunjang untuk Mesjid," ungkap wanita yang kerap disapa Ning ini, Senin (6/1).

Menurutnya, untuk pembangunan lanjutan atau tahap ketiga ini dipusatkan di areal kantor Dinas TPHP Provinsi saat ini. Kemungkinan besar nantinya gedung kantor Dinas TPHP itu dirobohkan. "Kita menargetkan pembangunan lanjutan tahap ketiga ini segera dilakukan. Setelah tahap ketiga ini, pembangunan dan pengembangan Mesjid Raya Baitul Izzah rampung," katanya.

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah mengatakan, sekarang tengah dilakukan proses hibah lahan Dinas TPHP Provinsi. "Karena penataan Mesjid Raya Baitul Izzah pada tahun ini lebih banyak di area tersebut. Sedangkan kantor Dinas TPHP Provinsi kita pindahkan ke Jalan Basuki Rahmat, yang sudah selesai pengerjaannya tahun lalu," ujar Rohidin.

Lebih jauh dikatakannya, dengan dihibahkan lahan kantor Dinas TPHP, maka kawasan Mesjid Raya Baitul Izzah diharapkan dapat lebih dikembangkan dengan baik. Jadi ditata agar bisa menjadi pusat pendidikan. Karena saat ini sudah ada sekolah PAUD, hingga SD Baitul Izzah. Kedepan diharapkan juga ada SMP dan SMA. Kemudian kawasan UMKM, serta memiliki lahan parkir yang luas.

"Dengan begitu nantinya kawasan sekeliling mesjid, baik yang depan ataupun di samping-sampingnya ada taman-taman. Ditata dengan pohon-pohon yang indah. Sedangkan kendaraan parkirnya di bawah. Sehingga target kita kawasan Mesjid Raya Baitul Izzah menjadi pusat Islamic Center di Provinsi Bengkulu bisa terwujud," pungkas Rohidin. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: