Promosi Budaya Melalui “Kaos Katunk Bengkulu”

Promosi Budaya Melalui “Kaos Katunk Bengkulu”

RBO, BENGKULU – Bicara soal oleh –oleh khas dari bengkulu sangatlah banyak. Bukan hanya berupa makanan, minuman tetapi saat ini juga hadir jenis pakaian kaos Katunk Bengkulu yang bisa di jadikan oleh –oleh ataupun sovenir oleh para wisatawan yang datang ke Bengkulu.

Kaos Katunk Bengkulu ini dilouncingkan oleh pemuda Bengkulu sejak 7 tahun yang lalu dan saat ini sudah mempunyai kedai tersendiri. “Terinspirasi untuk membuat sovenir kaos Katunk Bengkulu, bertujuan berupaya mengangkat nilai-nilai budaya Bengkulu yang begitu dinamis, unik, penuh kiasan dan sarat akan pesan,”ungkap salah seorang penjual Kaos Katunk Bengkulu, Andom kepada jurnalis, Kamis (16/1)

Kaos Katunk ini merupakan industri kreatif yang medianya berupa kaos yang di desain sedemikian rupa agar menarik minat para pembeli. Adapun kualitas kaosnya harus dijaga agar mampu menarik kembali para pembeli dan memperluas ruang lingkup penjualan.

Seperti yang sudah sering kita dengar kaos Nyenyes dari Palembang, kapuyuk Minang, dagadu di Jogya, ada juga Joger di Bali. Maka di Bengkulu ada kaos Katunk. "Kita membuat brand baru untuk Bengkulu agar mudah diingat para wisatawan yang datang kesini,”harap Andom.

Untuk mendesain Kaos ini akan dibuat sebuah gambar yang menggambarkkan ke indahan, keunggulan, bahkan budidaya yang ada di Bengkulu. Tentunya ciri khas di kaos adalah adanya tulisan Kaos Katunk Bengkulu sebagai brandnya. Apalagi saat ini trend nama –nama kaos tersebut sudah menjadi fenomena nasional yang ada disetiap daerah yang mendisain kaos menjadi Sovenir. “Saat ini kami juga sudah menyebarkan pemasaran kaos katunk Bengkulu ini secara online dan saat ini kami juga memiliki kedai yang berada di pusat oleh –oleh Anggut atas Kota Bengkulu,”ujar Andom.

Kaos katunk Bengkulu ini di pelopori oleh pemuda yang bernama Taufiq. "Untuk jenis produk mereka juga menyediakan kaos katunk Bengkulu lengan pendek dan lengan panjang dengan harga Rp 75 ribu perlembar,” Sambungnya.

Kaos katunk Bengkulu ini dipasarkan atas dasar ingin memperkenalkan Bengkulu dengan daerah lain. "Karena ketika konsumen ingat dengan Kaos Katunk Bengkulu maka mereka ingat Provinsi Bengkulu . Dan gitu juga sebaliknya, ketika mereka ingat Provinsi Bengkulu maka mereka ingat Kaos katunk ," ujarnya.

Diharapkan juga dengan pemerintah setempat lebih memperhatikan industri kecil ini yang selalu membumingkan nama Bengkulu. ”Karena sedikit banyak kontribusi kami juga memperkenalkan Bengkulu dengan daerah lain,dan kami juga berharap bisa berkembang dengan brand yang sama tetapi dengan jenis produk yang berbeda,seperti,topi,gantungan kunci,tas,”harapnya.

Bagi yang menginginkan koas katunk,bisa langsung datang ke central sovenir jalan Soekarno hatta Anggut Atas,dan bisa menghubungi no HP 0853 8321 6786 dan bisa buka di instagram,face book kaos katunk Bengkulu. (sir1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: