Juli 2021, 17 KM TOL Tahap Pertama Rampung

Juli 2021, 17 KM TOL Tahap Pertama Rampung

RBO, BENGKULU - Realisasi rencana pembangunan jalan TOL (Tax On Location) sesi pertama dari Kota Bengkulu-Taba Penajung Kabupaten Bengkulu Tengah rampung Juli 2021. Kini hanya tinggal menunggu pembebasan lahan masyarakat yang terdampak. Ini disampaikan anggota Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi, SP, MM. "Dari hasil koordinasi kita dengan PT Hutama Karya (HK), pembangunan jalan TOL untuk sesi pertama dengan panjang sekitar 17 KM ditargetkan rampung Juli 2021 mendatang. Jadi kalau kita hitung waktu sekarang hingga target selesainya pembangunan, PT HK hanya memiliki waktu sekitar 18 bulan saja lagi," ungkap Jonaidi, kemarin (27/1).

Hanya saja, lanjut Jonaidi, sampai dengan saat ini PT HK belum bisa memulai pekerjaan, karena proses pembebasan lahan yang dinilai telah banyak memakan waktu. "Maka dari itu kitapun berharap Kementerian PUPR selaku leading sector pembebasan lahan beserta Kantor BPN Kota Bengkulu, dan BPN Kabupaten Bengkulu Tengah untuk dapat menuntaskan draft perencanaan penyelesaian," katanya.

Termasuk, sambung Jonaidi, finalisasi data lahan yang bakal dibebaskan. Mengingat PT HK juga sudah siap melakukan pembangunan jalan TOL.

"Disisi lain anggaran untuk ganti untung lahan masyarakat yang terdampak juga sudah ada. Jadi hendaknya proses pembebasan lahan masyarakat ini dapat segera dituntaskan," tegas Jonaidi.

Menurutnya, dari hasil sidak yang dilakukan pihaknya beberapa waktu lalu, terkait pembebasan lahan ini tidak ada permasalahan dan diketahui mengikuti mekanisme yang telah ditetapkan.

"Bahkan dari pemberitaan, masyarakat yang lahannya terdampak siap menerima ganti untung yang diberikan. Jadi permasalahannya apa lagi hingga pembebasan lahan belum tuntas," ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, kalau pengakuan PT HK, disaat pembebasan lahan tuntas, mereka langsung aksi. Mengingat saat ini PT HK sudah bekerja menyiapkan beberapa kebutuhan material untuk pembangunan jalan TOL.

"Misal seperti rangkaian besi dan kebutuhan lainnya. Sehingga disaat lahan sudah clear, mereka langsung melakukan pembangunan," singkatnya.(idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: