Lagi, Petani Kesulitan Mendapatkan Pupuk Subsidi

Lagi, Petani Kesulitan Mendapatkan Pupuk Subsidi

RBO, ARGA MAKMUR - Para petani di Kabupaten Bengkulu Utara mengeluhkan sulitnya mendapatkan pupuk subsidi dari pemerintah saat ini dan keberatan untuk membeli pupuk non subsidi yang harganya lebih mahal.

Menanggapi hal tersebut Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Bengkulu Utara, Kuasa Barus menjelaskan permasalahan sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi tersebut disebabkan jatah kuota pupuk subsidi yang diberikan ke Kabupaten Bengkulu Utara hanya mencukupi 30 % dari kebutuhan petani.

Dari data yang berhasil dihimpun, relokasi empat jenis pupuk bersubsidi sektor pertanian tahun 2020 ini hanya memenuhi 19 ribu 300 petani dengan luas lahan mencapai 59.924.58 hektar, sedangkan kekurangaan yang mencapai 70 persen lainnya terpaksa harus ditutup para petani dengan membeli pupuk non subsidi.

Kekurangan pupuk bersubsidi inipun dijelaskan Kuasa Barus telah dilaporkan ke Pemerintah Daerah Provinsi Bengkulu dan menyebutkan setidaknya Bengkulu Utara perlu mendapatkan tambahan 3.000 ton pupuk bersubsidi lagi untuk memenuhi kebutuhan tanaman petani. "Kekurangan pupuk subsidi ini telah kita laporkan ke Pemerintah Provinsi, yang mana untuk Bengkulu Utara perlu tambahan 3.000 ton pupuk subsidi lagi,"singkat Kuasa Barus. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: