Tanaman Tertimbun Longsor, Petani Gagal Panen

Tanaman Tertimbun Longsor, Petani Gagal Panen

RBO, ARGA MAKMUR – Tingginya intensitas curah hujan yang mengguyuri Provinsi Bengkulu khususnya Bumi Ratu Samban Bengkulu Utara mulai berdampak. Tak hanya mengakibatkan kebanjiran di sejumlah titik tapi juga berdampak pada lahan pertanian yang menyebabkan kerugian dikalangan petani.

Dari data yang berhasil dihimpun, lahan sawah yang berada di bawah perbukitan dipinggir sungai tepatnya berada di Desa Gunung Selan Kecamatan Kota Arga Makmur tertutup longsor tanah, sehingga membuat petani mengalami gagal panen.

Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Bengkulu Utara, Kuasa Barus menyebutkan dari pendataan timnya dilapangan sekitar longsor ada sekitar 15 hektar lahan pertanian yang dikelola masyarakat mulai dari palawija hingga persawahan terencam banjir dan tertimpa material langsor. Dari 15 hektar tersebut hanya 5 hektar yang dikelola menjadi persawahan yang setengah hektarnya tertimbun longsor sehingga membuat sekitar 20 petani yang mengelola sawah tersebut mengalami kerugian gagal panen. "Ada sekitar 15 hektar lahan pertanian yang dikelola masyarakat, terdapat 5 hektar yang merupakan lahan persawahan dan setengah hektarnya tertimbun longsor membuat petani gagal panen, terkait musibah ini, kita akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu,” singkat Kuasa Barus. (bri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: