2022, Retak Ilir Tetap  Memprioritaskan Bangunan Fisik

2022,  Retak Ilir Tetap  Memprioritaskan Bangunan Fisik

radarbengkuluonline.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Retak Ilir, Kecamatan Ipuh, Mukomuko  Tahun Anggaran (TA) 2022 mendatang tetap memprioritaskan kegiatan fisik sesuai dengan kewenangan desa. Kegiatan yang ditetapkan sebagai prioritas tahun depan yaitu, peningkatan Jalan Usaha Tani (JUT), pembangunan 2 unit sumur bor dan pembukaan badan jalan baru menuju kawasan wisata.
''Perencanaan kegiatan fisik tersebut sudah disepakati dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) beberapa waktu lalu,'' ujar Kepala Desa (Kades) Retak Ilir, Syahril kepada radarbengkuluonline.com tadi siang.
Kegiatan yang ditetapkan sebagai skala prioritas itu, lanjutnya,  sesuai dengan permintaan masyarakat. Tiga usulan kegiatan ini disampaikan masyarakat dalam Musyawarah Desa (Musdes) usulan beberapa waktu lalu. Selanjutnya, usulan tersebut disusun dan dituangkan dalam RKPDes TA 2022.
"Ya, Musrenbangdes penetapann RKPDes sudah selesai. Untuk kegiatan fisik ada tiga kegiatan yang menjadi prioritas. Itu sesuai dengan kesepakatan masyarakat Desa Retak Ilir dalam Musrenbangdes kemarin."
Selain itu,  pihaknya tetap berpedoman dengan barometer penggunaan DD TA 2022 mendatang. Yaitu sesuai dengan Peraturan Menteri Nomor 7 tahun 2021 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa. Karenanya, Pemdes Retak Ilir juga memperioritaskan pemulihan ekonomi nasional sesuai dengan kewenangan desa. Selanjutnya mitigasi dan penanganan bencana alam dan non alam sesuai dengan kewenangan desa.
"Petunjuk penggunaan DD TA 2022 sudah jelas. Dan penggunannya harus sesuai dengan barometer yang ada," jelas Syahril.(ide)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: