Jenderal Andika Perkasa Resmi Jabat Panglima TNI

Jenderal Andika Perkasa Resmi Jabat Panglima TNI

 

radarbengkuluonline.com  – JAKARTA -  Jenderal Andika Perkasa resmi menjadi Panglima TNI, setelah dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara siang ini, Rabu (17/11). Andika Perkasa dilantik berdasar surat Keputusan Presiden (Kepres) Republik Indonesia Nomor 106/TNI Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

Sebelum mengucapkan sumpah, Jokowi bertanya kepada Andika Perkasa apakah siap menjadi Panglima TNI. “Apakah anda bersedia disumpah?” tanya Jokowi kepada Andika.

Setelah itu, Presiden Jokowi pun mengucapkan sumpah yang diikuti jenderal bintang empat itu untuk menjadi Panglima TNI.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Andika.

Andika berjanji akan menjalankan tugasnya dengan menjunjung tinggi etika jabatan dan sumpah prajurit TNI. “Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” tambahnya.

Pelantikan tersebut menerapkan protokol kesehatan dan dihadiri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan sejumlah menteri dan penjabat di Kabinet Kerja. Tidak ketinggalan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, panglima TNI sebelum Andika. Hadir pula Ketua DPR Puan Maharani dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Sebelumnya diketahui Jokowi mengajukan nama Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto. Andika akan menggantikan Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun pada November 2021. (JawaPos.Com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: