Malin Deman Berada di Puncak Vaksinasi

Malin Deman Berada di Puncak  Vaksinasi

Lubuk Pinang Paling Buncit

radarbengkuluonline.com, MUKOMUKO - Kabupaten Mukomuko sampai saat ini masih terus melakukan vaksinasi Covid-19. Pemkab menargetkan akhir 2021 ini capaian vaksinasi dosis satu bisa mencapai 70 persen. Plt. Kadis Kesehatan yang juga Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM menuturkan, sampai dengan Minggu (25/12) capaian vaksinasi Mukomuko secara global telah mencapai 68,9 persen. Untuk mencapai target, Mukomuko hanya butuh sekitar 2 persen lagi.

Kendati capaian global nyaris mencapai target, untuk rincian per kecamatan masih ada yang sangat rendah. Ada juga yang telah mencapai target secara persentase. SILAHKAN DIBACA: Bupati Mian Kunjungi Menteri Koperasi dan UKM

Dari data yang dimiliki Dinas Kesehatan, Kecamatan Malin Deman bertengger di puncak capaian vaksinasi dosis satu paling tinggi. Yakni 73 persen. Sementara, kecamatan yang capaian vaksinasinya paling rendah yaitu Lubuk Pinang. Yaitu, baru mencapai 48,6 persen. "Kemungkinan, Kecamatan Air Rami dan Ipuh data per 25 Desember baru 69,5 persen dan 68,8 persen, kalau ditambah hasil vaksinasi hari ini sudah mencapai 70 persen. Tapi, vaksinasi di Lubuk Pinang memang masih perlu digenjot," ujar Bustam kepada radarbengkuluonline.com tadi siang. BACA JUGA: Ini Dia Orang Bengkulu Yang Tersangkut Namanya di Jalan (19)

Ditambahkannya, dari 15 kecamatan se-Kabupaten Mukomuko, cuma Kecamatan Lubuk Pinang yang capaiannya di bawah 50 persen. Selebihnya sudah di atas 50 persen. "Enam kecamatan capaian vaksinasinya sudah di atas 60 persen, kemudian delapan kecamatan sudah di atas 50 persen, tapi masih di bawah 60 persen. Sementara, kecamatan Lubuk Pinang baru mencapai 48,6 persen." PERLU DIBACA: APBD Mukomuko Kembali Libur Biayai Even Tahunan

Bustam mengimbau agar masyarakat yang belum vaksin agar segera vaksin difasilitas kesehatan yang ada di daerah ini. "Kami mengimbau yang belum vaksin bisa datang ke fasilitas kesehatan, baik di RSUD Mukomuko, Puskemas yang ada di daerah ini dan klinik medika 12 Polres Mukomuko. Kecamatan yang capaian vaksinasinya tinggi, tidak lain karena keinginan warganya untuk vaksin juga tinggi."

Vaksinasi RSUD Sampai 31 Desember

Untuk mendukung daerah bisa mencapai target 70 persen sampai akhir 2021, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mukomuko membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 kepada seluruh lapisan masyarakat, baik dosis 1 hingga dosis 2 sampai tanggal 31 December 2021. Hal ini dikemukakan Direktur RSUD Mukomuko, dr. Syafriadi, Sp.PD.

"Ya, RSUD Mukomuko sampai tanggal 31 Desember 2021 ini terus membuka vaksinasi kepada masyarakat. Baik dosis 1 dan dosis 2. Yang mau vaksin di RSUD kami pastikan ada pelayanan," kata Syafriadi ketika dikonfirmasi kemarin. BOLEH DIBACA DAHULU: Tim Kepahiang Sejahtera Duduki Puncak Klasemen Sementara

Lanjutnya, bagi masyarakat yang mempunyai penyakit lain akan dilakukan screening atau pemeriksaan dengan alat-alat yang lengkap yang ada di RSUD Mukomuko guna memastikan apakah warga sudah bisa mendapatkan vaksinasi atau belum. "Bagi masyarakat yang memiliki penyakit penyerta akan kita lakukan screening dengan alat alat yang lengkap. Seperti alat pemeriksaan jantung (EKG), kemudian USG abdomen, terus alat-alat pemeriksaan laboratorium seperti cek gula darah, cholesterol, asam urat sudah kami siapkan," sebutnya.

Ditambahkan Syafriadi, bagi masyarakat yang belum vaksin segera datang ke RSUD Mukomuko dengan membawa KTP atau KK serta nomor Handphone dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. "Yang belum vaksin baik dosis 1 ataupun dosis 2 ayo datang ke RSUD Mukomuko. Dan diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker." (sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: