Kepsek Harus Wujudkan Program Gubernur Soal Pendidikan Gratis

Kepsek Harus Wujudkan Program Gubernur Soal Pendidikan Gratis

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Kepala SMAN, SMKN & SLBN yang baru saja dilantik diminta tak hanya fokus pada peningkatan mutu dan kualitas pendidikan agar berjalan optimal saja, tetapi juga harus bisa mewujudkan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu. Yakni program pendidikan gratis. Selain itu Kadis Dikbud Provinsi mesti bertanggungjawab terhadap realisasi program itu. BACA DULU: Harga Sawit di Mukomuko Sudah di Atas Rp 3.000

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu, H. Zainal, S.Sos, M.Si menyampaikan, pihaknya tetap berpikir positif terhadap pelaksanaan mutasi sebanyak 99 Kepala SMAN, SMKN, dan SLBN di Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu. "Tentunya kita berharap dengan mutasi itu bisa memberikan dampak terhadap peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di daerah ini."

Menurutnya, terkait program pendidikan gratis ini, pada waktu pembahasan RPJMD lalu pihaknya sudah mengingatkan. Karena jika mengharapkan subsidi dari APBD untuk mewujudkan program itu,rasanya  sangat tidak memungkinkan. "Tapi dari penjelasan Pak Kadis Dikbud, dengan memaksimalkan penerapan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) program itu bisa diwujudkan," beber Zainal. BACA JUGA: Dinas Perpustakaan Kota Bengkulu Buka Cafe

Dari pernyataan itu, sambung Zainal, artinya Pak Kadis sanggup merealisasikan program tersebut. Makanya Kadis Dikbud harus ikut bertanggungjawab dalam realisasi program itu. "Kita menilai, mutasi Kepsek baru-baru ini merupakan titik awal untuk mewujudkan program pendidikan gratis yang sejauh ini memang ditunggu-tunggu masyarakat."

Lebih jauh dikatakannya, program pendidikan gratis ini merupakan tanggungjawab dan Pekerjaan Rumah (PR) bagi Kadis Dikbud dan juga para Kepsek. "Kita yakin, baik Kadis dan Kepsek bisa melaksanakannya. Jika dalam tahun ini program itu tidak juga terealisasi, sebaiknya mundur saja dari jabatan. Karena bisa menjadi preseden buruk bagi Gubernur dan Wagub ketika program pendidikan gratis tidak terealisasi." PERLU DIBACA: Ini Dia Orang Bengkulu Yang Tersangkut Namanya di Jalan (27)

Sebelumnya diketahui sebanyak 99 Kepala SMAN, SMKN & SLBN se-Provinsi Bengkulu dilantik. Pelantikan itu sendiri berkaitan dengan program strategis Gubernur dan Wagub bidang pendidikan. "Rotasi dan mutasi dalam sebuah organisasi merupakan bentuk penyegaran dan meningkatkan kompetensi abdi negara, khususnya Kepsek," tutur Kadis Dikbud Provinsi, Dr. Eri Yulian Hidayat. (idn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: