Dewan Kota Akan Buat Perda Penyerapan Tenega Kerja lokal

Dewan Kota Akan Buat Perda Penyerapan Tenega Kerja lokal

 

radarbengkuluonline.com, BENGKULU - Bapemperda DPRD Kota Bengkulu bakal membuat raperda terkait penyerapan tenaga kerja lokal di Kota Bengkulu. Dalam Raperda itu nantinya, perusahaan yang beroperasi di Kota Bengkulu diwajibkan menyerap 20 persen tenaga kerja yang berada di lingkungan perusahaan dan 40 persen dari warga yang berdomisili di Kota Bengkulu.

Ketua Bapemperda Solihin Adnan mengatakan usulan tersebut lahir dari hasil koordinasi Bapemperda dengan Disnaker Kota Bengkulu. Menurutnya diperlukan kebijakan dan suatu produk hukum yang mengatur penyerapan tenaga kerja lokal ketika ada investasi asing atau nasional yang beroperasi di Kota Bengkulu.

“Memang diperlukan payung hukum untuk mengatur penyerapan tenaga kerja lokal. Itu berdasarkan peraturan menteri tenaga kerja. Ketika ada investasi asing maupun nasional masuk, kita syaratkan minimal 60 persen itu menyerap tenaga kerja lokal. Itu akan kita masukkan kedalam propemperda tahun ini dari inisiatif dewan, jika tidak ada usulan dari OPD,” jelas Solihin.

Raperda tersebut akan dirancang sebagai upaya mengurangi angka pengangguran di Kota Bengkulu dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Raperda tersebut dibuat dari berkaca di daerah lain yang sudah lama menerapkan aturan penyerapan tenaga kerja lokal yang saat ini belum diatur di Kota Bengkulu.(ae3/prw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: