Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bengkulu Selatan Terapkan Srikandi

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Bengkulu Selatan Terapkan Srikandi

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi,SE,MM berfoto bersama dengan Kepala DPK Hj. Srigusti Sabana, SH serta seluruh perwakilan OPD terkait penerapan aplikasi Srikandi-Fahmi-

 

 

MANNA, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Untuk meminimalisir gedung yang hanya bermanfaat menyimpan tumpukan kertas, maka Pemerintah Pusat melalui Kementerian PAN RB, Kementerian Kominfo, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)  mewujudkan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terintegrasi. 

Untuk Provinsi Bengklulu yang terdiri sembilan Kabupaten satu Kota, Bengkulu Selatan  juga menerapkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) yang sudah dijadikan aplikasi umum melalui keputusan MenPAN RB.

BACA JUGA:Bidan Desa Gembung Raya Berpulang Pasca Persalinan di Rumah Sakit

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bengkulu Selatan, Hj. Srigusti Sabana, SH mengatakan, hal ini sesuai dengan keputusan MenPAN RB Nomor 679 Tahun 2020 tentang aplikasi umum bidang kearsipan dinamis yang kelak akan diterapkan secara nasional untuk seluruh Pemerintah  Provinsi serta Kabupaten/ Kota.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (21)

"Kesiapan kita dalam menerapkan aplikasi Srikandi ini, kami bekerjasama dengan pihak Kominfo Kabupaten untuk mengenalkan kepada seluruh OPD yang ada secara teknis kepada seluruh perangkat daerah. Untuk itu kami mengundang seluruh sekretaris dan kasubag umum untuk hadir dalam pengenalan aplikasi ini. Karena kedua bagian ini mempunyai fungsinya masing - masing.

BACA JUGA:Wajar Saja Tim Pengadaan Seragam Sekolah Hati-Hati

Untuk sekretaris sebagai kepala kantor yang bertanggung jawab dalam pengolahan arsip,dan naskah kedinasan. Sedangkan untuk kasubag umum sebagai administator yang bertanggung jawab terhahap pemanfaatan aplikasi srikandi,"jelas Srigusti kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID di halaman DPK Rabu (03/08).

Karena Bengkulu Selatan yang terpilih pertama kali dalam penerapan aplikasi Srikandi ini, lanjutnya, setelah semuanya dipersiapkan, pada Ulang Tahun Bengkulu Selatan nanti pada bulan Maret 2023 akan dilaunching langsung oleh pihak pusat.

Aplikasi Srikandi ini mempunyai banyak manfaat. Seluruh kearsipan yang dimiliki oleh seluruh OPD akan terkoneksi semuanya ke Pemerintah Pusat. Sehingga kalau suatu saat diperlukan, tinggal membuka langsung aplikasinya itulah keunggulannya.

"Hal inilah yang menjadi keuntungan bagi kita. Kedepannya tidak akan ada lagi tumpukan kertas - kertas arsip yang tersimpan. Semuanya tinggal membuka aplikasi, sehingga mampu mengurangi pengeluaran anggaran dalam pembelian kertas," papar Srigusti.

Adapun yang disampaikan oleh Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi,SE.MM bahwa kalau kearsipan sudah menerapkan dengan sistem aplikasi, maka yang ada didalam Media Penyimpanan (Cloud), maka dimanapun berada bisa langsung mengakses arsip yang dibutuhkan kapanpun dan dimanapun.

 

"Sehingga kalau kita membutuhkan arsip pada saat dalam perjalanan dinas, tingal diambil saja dalam aplikasi.Kalau kita masih mengarsipkan secara manual, maka kalau kita membutuhkan arsip yang lama maka kita harus membongkar tumpukan kertas yang tempatnya kita belum tentu pasti dan masih perlu dicari,"pungkas Gusnan.(afa)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: