TMMD Reg Ke - 114 Kodim 0423/Bengkulu Utara Terlaksana Tepat Waktu

TMMD Reg Ke - 114 Kodim 0423/Bengkulu Utara  Terlaksana Tepat Waktu

Foto bersama saat penutupan kegiatan-Iwan-

 

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo M.Tr (Han) sebagai PKP TMMD Reg ke-114 dengan resmi menutup TMMD  Kodim 0423/BU di Desa Suka Mulya, Kecamatan Giri Mulya, Kabupaten Bengkulu Utara Rabu (24/8).

Pelaksanaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reg ke-114 Kodim 0423/BU di Desa Suka Mulya,  Kecamatan Giri Mulya Kabupaten Bengkulu Utara TA. 2022 itu berjalan dengan  baik dan lancar. Sehingga, dapat terselesaikan dengan tepat waktu.

Upacara penutupan TMMD Reg Ke - 114  diseluruh wilayah tersebar dilaksanakan secara serentak pada tanggal 24 Agustus 2022 pukul 09.00 WIB yang mengacu pada STR Kasad  nomor: STR / 18 /2022.

Dalam upacara penutupan ini secara serentak, ada juga dilaksanakan terpusat. Seperti halnya Kasad selaku PJO melaksanakan upacara di Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi  Kalimantan Timur.

Sedangkan Wakasad selaku Pati Lakhar PJO TMMD Reg Ke - 114 menjadi Irup pelaksanaan upacara penutupan TMMD di Desa Danau Ganting, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk upacara penutupan TMMD di wilayah lainnya yang menjadi Irup para Pangdam selaku PKO TMMD atau pejabat TNI yang ditunjuk. 

BACA JUGA: Dana Desa Diduga Kabur, Mantan Kades Menghilang

Adapun Tema adalah " TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI. " Dalam rangkaian penutupan TMMD Ke-114 ini dibagi menjadi dua pokok -  pokok kegiatan. Yaitu pelaksanaan upacara penutupan TMMD dan peninjauan kegiatan Baksos TNI yang terdiri dari pengobatan massal,  bazar / pasar murah,  pembagian sembako serta kegiatan lainnya. 

Bertindak sebagai Inspektur upacara Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo M.Tr (Han), Komandan upacara Kapten Inf Sarifudin, Danramil 423-05/Kerkap. Dan Perwira upacara Kapten Arh Bely Apriansyah, Danramil 423-04/PH

Dalam sambutan Kasad selaku PJO yang dibacakan oleh  Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr (Han) sebagai PKP  TMMD Reg ke-114  menyampaikan beberapa hal. Kegiatan upacara penutupan TMMD Reg ke-114  TA.  2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan Rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Ucapan terima kasih yang sebesar - besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan material sehingga kegiatan TMMD ke-114 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar.

Program TNI Manunggal Membangun Desa ini dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa ( AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan  program TMMD yang telah berlangsung selama 42 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (41)

Ini mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan,  sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat dibutuhkan.

Pada program TMMD Reg Ke - 114 tahun 2022 yang dilaksanakan diwilayah Korem 041/Gamas telah dikerjakan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur. Diantaranya  pembukaan dan pelebaran badan jalan dengan panjang 4,3 Km lebar jalan 6 M.

Kemudian,  pembuatan jembatan 1 unit, pembuatan gorong-gorong  3 unit,  pembuatan tugu TMMD 1 unit,  pembuatan Poskamling 1 unit, rehab musala 1 unit,  rehab Posyandu 1 unit dan pembersihan lapangan  Bola Kaki 1 unit serta tambahan lainnya berupa Pembuatan Sumur  Bor. 

Pencapaian program sasaran fisik diatas juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non fisik berupa penyuluhan kepada masyarakat. Yaitu penyuluhan tentang wawasan kebangsaan ,  penyuluhan tentang bela negara,   penyuluhan tentang pertanian,  penyuluhan tentang hukum, penyuluhan tentang Kamtibmas.

Kemudian,  penyuluhan tentang bahaya Narkoba,  penyuluhan tentang kerukunan antar umat beragama,  penyuluhan tentang Posyandu,  penyuluhan tentang Posbindu PTM,  sosialisasi tentang stunting,  pelayanan KB kesehatan dan vaksinasi Covid -19 serta pemutaran film perjuangan.  

Dan semuanya sasaran ini, baik fisik dan non fisik sesuai rencana. Yang dibuat sudah mencapai 100 % dapat terselesaikan tepat waktu.

Kegiatan ini dibutuhkan dalam rangka membangun serta memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat untuk mendukung program  pemerintah tentang percepatan penurunan stunting,  ketahanan pangan dan penanganan kesehatan. 

Sebelum mengakhiri sambutannya Kasad menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan TMMD ini terdapat tutur kata , sikap dan tingkah laku para prajuritnya yang tidak berkenan dihati masyarakat.  Baik disengaja maupun tidak disengaja. 

Dalam kesempatan ini Kasad menyampaikan  beberapa atensi dan harapan sebagai tindaklanjut dari program TMMD Reg Ke -114. 

Pertama,  pelihara terus semangat kebersamaan dan Kemanunggalan antara TNI - rakyat. Jangan mudah terhasut dan terprovokasi. 

Kedua,  pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini. 

Ketiga,  pelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Keempat,  kepada para  Dansatgas TMMD Reg Ke, - 114, lakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang.

Kelima,  kepada para prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD dengan selesainya kegiatan ini segera kembali ke induk pasukan masing-masing dan perhatikan faktor keamanan selama dalam perjalanan. 

Sekadar mengingatkan, bahwa pelaksanaan TMMD Reg Ke-114 dilaksanakan selama satu bulan. Sebelum dilaksanakan upacara penutupan TMMD ini telah dilaksanakan kegiatan wasev dari Sterad yang diketuai Tim Wasev  Brigjen TNI Erwin Harivana Suherman Patisus Kasad 

Ketua Tim Wasev Sterad ( sebagai PJO) yang bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi Satgas TMMD, dengan harapan agar kegiatan TMMD dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien juga membantu mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempererat Kemanunggalan TNI-Rakyat.

Ucapan terimakasih sekali lagi kepada para TNI,  Polisi,  Satpol PP,  Dishub,  Linmas,  masyarakat,  ibu-ibu,  para mahasiswa, siswa dan adik -adik yang masih SMP dan SMA ini. '' Sekali lagi saya ucapkan terima kasih  kalau ada yang kurang pas saya mewakili prajurit saya,  saya minta maaf. ''

Selesai melaksanakan acara pokok upacara penutupan TMMD dilaksanakan Penyerahan Sembako kepada masyarakat dan foto bersama, peninjauan Baksos mulai dari Pengobatan massal,  Bazar / Pasar Murah dan  selanjutnya Danrem 041/Gamas beserta rombongan langsung menyusuri jalan meninjau langsung sasaran fisik yang sudah selesai dikerjakan.

Dengan terselesaikannya TMMD ini dengan tepat waktu pekerjaan ini pun tak luput dari dukungan serta bantuan masyarakat sekitar secara gotong-royong dan bahu membahu bersama Tim Satgas TMMD Reg ke - 114.

Turut hadir dalam kegiatan upacara penutupan TMMD Reg Ke - 114  Danrem 041/Gamas Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo, M.Tr (Han), Kasi Ter Kasrem 041/Gamas Kolonel Inf Arif Dipayana. S.I.P., M.M , Bupati Bengkulu Utara diwakili Sekda Kab. BU  Dr.  Haryadi, S. Pd.,  M. M.,  M. Si,  Kajari Argamakmur Pradana Probo Setyarjo, S.E., S. H.,  M. H., Dandim 0423/BU Letkol Inf Made Mahardika, S.H.M.IP, Kapolres BU AKBP Andy Pramudya, S. I. K.,  M. M, Ketua DPRD diwakili Hotman Sihombing,  Kadis PUPR Kab. BU Heru Susanto, S. T, Camat Kec Giri Mulya dan Kepala Desa Suka Mulya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: