Waspada, Korban Banjir di Mukomuko Dapat Bantuan dari Pemerintah

Waspada, Korban  Banjir di Mukomuko  Dapat Bantuan dari Pemerintah

Banjir dan kerusakan infrastruktur akibat hujan deras di Mukomuko-Seno-

 

MUKOMUKO, RADARBENGKULUONLINE.COM - Hujan deras dengan intensitas tinggi akibatkan banjir melanda Kabupaten Mukomuko. Banjir terjadi di 9 desa yang tersebar di 4 kecamatan. 

Dari catatan BPBD Mukomuko, setidaknya 225 unit rumah warga terendam. Selain itu, dari catatan Dinas PUPR, akibat hujan deras juga merusak infrastruktur bangunan pemerintah. Yakni, badan jalan Lubuk Pinang - V Koto ambrol dan gorong-gorong di ruas jalan Ipuh - Malin Deman jebol. 

Kepala BPBD Mukomuko, Ramdani, SE., M.Si menuturkan, banjir di daerah ini terjadi di Kecamatan Ipuh, Air Rami, Teras Terunjam, dan Kota Mukomuko. Banjir paling parah terjadi di Kecamatan Ipuh dan Air Rami.

Kata Ramdani, pihaknya sudah turun ke lapangan untuk mendata korban dan mendata kebutuhan korban yang bersifat mendesak. Ramdani juga mengaku, sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, dan stake holder lainnya untuk bersama-sama membantu warga korban banjir di empat wilayah kecamatan tersebut.

"Sore ini juga bantuan kami distribusikan. Tadi sudah kita sampaikan agar segera mempersiapkan diri turun ke lapangan untuk mendistribusikan keperluan yang dibutuhkan masyarakat baik masalah pangan, air bersih, dan juga masalah tenda untuk korban," ujarnya.

BACA JUGA:Jalan Tol Bengkulu-Lubuk Linggau Mangkrak

Lanjut Ramdani, pihaknya berencana mengajukan ke bupati agar dana belanja tak terduga (BTT) dapat digunakan untuk membantu warga korban banjir. "Kami mengajukan itu agar korban bisa dibantu secara maksimal," ucapnya.

Ia juga mengingatkan, agar warga khususnya yang tinggal di wilayah rawan banjir agar tetap waspada. Sebab, berdasarkan prakiraan dari BMKG, hujan deras masih berpotensi terjadi sampai 3 September 2022.

Yang tidak kalah pentingnya, seluruh warga yang berdomisili di daerah rawan banjir agar selalu waspada dan berhati-hati. Sebab data yang didapat dari BMKG bahwa, cuaca ekstrem ini masih akan terjadi hingga tanggal 3 September 2022 mendatang.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (47)

"Untuk itu, saya ingatkan agar masyarakat agar selalu waspada. Dan tidak kalah penting yang perlu diperhatikan warga, siapkan seluruh dokumen penting ke dalam satu tas. Ketika banjir datang, maka dokumen itu bisa langsung diselamatkan," demikian Ramdani.

Sementara, Kadis PUPR Mukomuko, Muslim Azhari, ST., MT menuturkan, pihaknya masih melakukan pendataan infrastruktur yang rusak. Baik akibat banjir dan juga dampak dari hujan deras beberapa hari terakhir.

"Jalan Lubuk Pinang - V Koto itu jalan provinsi. Terkait kejadian ini, sudah kami laporkan ke Pemprov Bengkulu," singkatnya.

 

Tabel Korban Banjir di Mukomuko:

1. Kecamatan Ipuh:

- Desa Air Buluh 77 rumah

- Desa Pulau Makmur 35 rumah

- Desa Semundam 16 rumah

- Desa Pasar Ipuh 5 rumah

 

2. Kecamatan Air Rami:

- Desa Talang Rio 38 rumah

- Desa Air Rami 11 rumah

- Dusun Pulau 5 rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: