KPBR Bengkulu Tengah Cegah Pengrusakan Icon Benteng

KPBR Bengkulu Tengah Cegah Pengrusakan Icon Benteng

Bunga Raflesia sedang mekar-Agus-

 

BENTENG, RADARBENGKULUONLINE.COM - Beberapa warga yang tergabung dalam Kelompok Peduli Bunga Rafflesia (KPBR) Benteng kerap melakukan penjagaan terhadap salah satu icon Kabupaten Benteng. Yakni bunga Rafflesia Arnoldi yang sering mekar di Cagar Alam Liku Sembilan Taba Penanjung. 

"Kalau bunganya mekar, anggota KPBR Benteng memasang pagar kayu dan melakukan penjagaan dari pagi hingga sore agar bunga ini tidak dicuri," beber salah seorang anggota KPBR Benteng, Zulkifli (36).

Dijelaskannya, penjagaan terhadap bunga langka dan dilindungi itu perlu dilakukan. Sebab dari pengalaman pengrusakan terhadap bunga Rafflesia kerap terjadi. Seperti, ada oknum jahil yang memotong batang tumbuhan inang Rafflesia tersebut.

Sementara itu, menurutnya, bunga Rafflesia sering mekar di dalam Cagar Alam tersebut. Tapi, sejauh ini tidak ada penjagaan dari pihak-pihak terkait. Padahal aksi pencurian bonggol atau calon bunga juga sering terjadi karena mudahnya akses memasuki kawasan konservasi itu.

 BACA JUGA: Polda Bengkulu Intai Pelaku Penimbun BBM Bersubsidi

Ditambahkan, penjagaan terhadap bunga langka dan dilindungi itu sangat diperlukan. Sebab kesadaran masyarakat untuk menjaga itu tergolong masih relatif rendah.

"Alhasil, kerap terjadi pengrusakan. Apalagi mereka melihat tidak ada dampaknya bagi perekonomian mereka," jelasnya.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (66) 

Sementara itu, campur tangan pemerintah sangat diperlukan untuk melindungi puspa langka tersebut. Selaku pecinta Rafflesia, dia ingin Pemerintah Daerah ikut melestarikan dan menjadikan bunga Rafflesia Arnoldi sebagai icon wisata yang utama untuk dipasarkan lebih luas lagi.      

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: