Pesantren Darussalam Bengkulu Cetak Generasi Berakhlak Mulia , Wawasan Luas

Pesantren Darussalam Bengkulu Cetak Generasi Berakhlak Mulia , Wawasan Luas

Pengasuh Ponpes, Ustadz M. Waluyo Suryadi, S.Pd bersama para santri berfoto di halaman Ponpes Darussalam Kota Bengkulu-Adam-

 

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID  -  Pondok pesantren Darussalam Kota Bengkulu yang beralamat di Jalan Jaya Wijaya RT 23 RW 01 Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati Kota Bengkulu, didirikan  pada tahun 1975 oleh Abuya Yusuf Aziz dan Datuk Abu Bakar bin Ismail.

Sejak awal didirikan, pesantren ini merupakan ponpes yang berbasis masyarakat, siap menjadi wadah pendidikan bagi santri dengan fasilitas dan tenaga pengajar yang ada serta in shaa Allah dapat membentuk generasi yang berakhlak mulia serta berwawasan tinggi dan ilmiah. 

Adapun lembaga pendidikan yang dibawah naungan Yayasan Darussalam antara lain, Ponpes Darussalam, MA Darussalam, MTs Darussalam, MI Darussalam, dan TK IT Darussalam.

Pengasuh Ponpes Darussalam,  M. Waluyo Suryadi, S.Pd kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID saat ditemui Rabu (16/11) mengungkapkan, pimpinan yayasan, Dr. Rahmat Ramdhani, M.Sos.I mengamanahkan agar setiap lembaga yang dibawah naungan yayasan Darussalam harus mampu bersaing dan mengimbangi perkembangan pendidikan yang semakin pesat. 

"Maka dengan wadah pesantren dan pendidikan formal diharapkan dapat mencetak generasi yang berakhlak, berilmu, dan mampu berkhidmah di bidang apa saja," imbuhnya.

Selain pembelajaran pesantren dan pendidikan formal, juga diadakan ekstra kurikuler dan pembelajaran tambahan. Seperti bahasa Arab, kajian kitab secara bandongan dan sorogan, kajian keislaman, nahwu, shorof, kesenian islam (Rebana dan Qiro’ah), muhadharoh/praktik khitobah, praktik ibadah (salat, wirid, dan doa), MDT, Tahsin Qur’an, pramuka, dan olahraga (volly ball, futsal, dan pencak silat).

Sistem pembelajaran di Pesantren Darussalam adalah berbasis klasik. Dimana pada pukul 07.30 WIB hingga 13.00 WIB merupakan pembelajaran pendidikan formal. Setelah itu berlanjut pendidikan informal mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB.

BACA JUGA:Harga TBS Kelapa Sawit Naik di Bengkulu

Pondok pesantren ini, lanjutnya,  ada juga pengajian umum yang diselenggarakan secara rutin dan dihadiri oleh Habaib (Dzuriyat Nabi Muhammad SAW) se Provinsi Bengkulu setiap hari Sabtu malam Minggu ke tiga pada tiap bulannya.

"Seperti halnya bulan lalu, bulan ini akan diselenggarakan pada tanggal 19 November 2022, pukul 20.00 WIB sampai dengan selesai. Warga Kota Bengkulu dipersilakan hadir. Karena, ini merupakan pengajian umum," ujar Ust. Waluyo.

BACA JUGA:Hujan, Cuaca Ekstrem Diperkirakan Hingga Akhir Tahun

Fasilitas penunjang pendidikan diantaranya, 2 unit asrama permanen putra dan putri, gedung sekolah permanen PAUD IT, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, masjid, perpustakaan, puskesmas, kantin, koperasi santri dan sarana olah raga seperti bola voli, futsal, basket, dan lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: