Banner Perpustakaan

Ketua DPRD Ajak Masyarakat Bersatu Tingkatkan Rasa Kebersamaan Demi Ini

Ketua DPRD Ajak Masyarakat Bersatu Tingkatkan Rasa Kebersamaan Demi Ini

 

KEPAHIANG, RADARBENGKULUONLINE.COM - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kepahiang di Aula Hotel Umroh kemarin mengadakan sosialisasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK).  

Ketua DPRD Kabupaten Kepahiang Windra Purnawan, SP. menjadi narasumber dalam sosialisasi yang bertajuk “Dengan Forum Pembauran Kebangsaan Kita Perkuat Semangat Persatuan dan Kesatuan Dalam Keberagaman di Kabupaten Kepahiang”dilaksanakan atas dasar Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 34 Tahun 2006 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembauran Kebangsaan, dan Keputusan Bupati Kepahiang Nomor 254 Tahun 2022 tentang Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Kepahiang.

FPK merupakan lembaga konsultasi tentang etnis, suku, agama, adat dan lain-lain sebagai tanggung jawab dan dilaksanakan bersama antar pemerintah, masyarakat dan seluruh komponen bangsa.

Di daerah penyelenggara pembauran kebangsaan menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh masyarakat, difasilitasi dan dibina oleh pemimpin daerah untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Sedangkan pada tingkat kecamatan dan desa/kelurahan oleh camat dan kepala desa atau lurah.

Tujuan sosialisasi FPK ini adalah :

1)Memberikan pemahaman peran FPK terhadap tugas forum dialog dengan pemimpin organisasi kemasyarakatan di bidang pembauran kebangsaan, pemuka adat dan suku masyarakat di Kabupaten Kepahiang.

2)Menjaring aspirasi masyarakat di bidang pembauran kebangsaan melalui kegiatan interaksi anggota masyarakat dari berbagai ras, suku, etnis baik dalam bidang bahasa, adat istiadat, seni budaya dan pendidikan di Kabupaten Kepahiang.

3)Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya FPK di daerah.

BACA JUGA:Ini Kisah Suswandi Menang Pilkades Setelah Dipecat Bupati

Ketua DPRD Kabupaten Kepahiang Windra Purnawan, SP menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya menjaga keutuhan Pancasila supaya suasana kebangsaan di Kabupaten Kepahiang yang terdiri dari bermacam ras, suku, etnis dan agama dapat terus terjaga dengan baik.

Dengan perbedaan di Kabupaten Kepahiang yang ada hingga saat ini belum pernah terjadi perbedaan yang mendasar terkait komunikasi dan kebersamaan. Untuk itu beliau mengajak masyarakat untuk hapuskan perbedaan dan  terus menjaga nilai kebersamaan.

“Jika hal ini tidak kita jaga, mulai dari hari ini, bukan tidak mungkin kepentingan kelompok, komunitas dan kepentingan kita masing-masing akan saling berbenturan di masa yang akan datang. Agar ini tidak terjadi, mari kita rawat dengan pembauran ini, kita rawat kebersamaan, kita rawat komunikasi yang didasari kebersamaan dan kesadaran yang sama dalam rangka menjaga Kabupaten Kepahiang,” sampai Windra Purnawan.

BACA JUGA:Cabuli Anak Tirinya, Seorang Ayah Dipolisikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: