Maret, Pengadaan Seragam Sekolah Gratis Bupati Mukomuko Ditargetkan Sudah Kontrak, Biar Cepat Dipakai

Maret, Pengadaan Seragam Sekolah Gratis Bupati Mukomuko Ditargetkan Sudah Kontrak, Biar Cepat Dipakai

Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko-Seno-

 

MUKOMUKO, RADARBENGKULUONLINE.COM - Program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Mukomuko, Sapuan-Wasri, yakni pengadaan seragam sekolah gratis bagi pelajar SD dan SMP ditargetkan sudah kontrak dengan pihak rekanan bulan Maret 2023.

Kontrak pengadaan itu diupayakan lebih awal agar pengerjaan bisa cepat selesai. Kemudian seragam sekolah gratis bisa dibagikan tepat saat awal anak masuk sekolah pada tahun ajaran 2023-2024 bulan Juli mendatang.

"Tahun 2022 lalu, program seragam sekolah gratis ini perdana dilaksanakan. Jadi, memang masih mencari mekanisme yang tepat untuk pengadaan. Sehingga memang terjadi keterlambatan pembagian seragam sekolah gratis," ujar Kabid Dikdas, Disdikbud Mukomuko, Arni Gusnita, S.Pd.AUD kepada RADARBENGKULUONLINE.COM kemarin.

"Belajar dari tahun lalu, mekanisme pengadaan tetap kita pakai e-katalog. Dengan demikian prosesnya lebih mudah. Itulah, Maret kami targetkan sudah kontrak," imbuhnya.

Dijelaskan Arni, berkaca pada pengalaman tahun lalu, sejak kontrak dijalin dengan pihak ketiga, pengadaan 5.861 paket terdiri dari 2 setel pakaian ditambah topi, dasi dan topi setiap paket, hanya membutuhkan waktu sekitar 3 bulan setengah, pekerjaan sudah rampung.

BACA JUGA:Angel's Wing, Ini Tempat Nongkrong Terbaru Anak Muda, Fasilitasnya Tidak Dimiliki Resto Lain di Bengkulu

"Makanya, kalau kita bisa kontrak Bulan Maret, jadi nanti pas waktu anak-anak atau peserta didik SD dan SMP baru masuk sekolah tahun ajaran baru, seragam sekolah bisa langsung dibagikan. Atau paling tidak jangan terlalu lama rentang waktu masuk sekolah dengan pembagian seragam sekolah mereka nanti," beber Arni.

Mengenai pagu anggaran yang tersedia untuk pengadaan seragam sekolah gratis ini, kata Arni tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Totalnya sekitar Rp 2,8 miliar. Dana itu untuk pengadaan seragam sekolah sekitar 3.900 paket.

Adapun jenis baju seragam sekolah yang akan dibeli diantaranya meliputi seragam putih merah, dasi, topi, ikat pinggang, dan baju seragam olahraga untuk anak SD. Sedangkan untuk anak SMP, meliputi seragam putih biru, dasi topi, ikat pinggang dan seragam olahraga.

BACA JUGA:Ini Kabar Terbaru Soal Penemuan Mayat Pemilik Showroom Mobil di Kebun Tebeng

"Untuk anggaran tahun 2023 tidak jauh beda dengan anggaran 2022. Ada penambahan, tapi sedikit. Tidak banyak. Anggaran itu kami sesuaikan dengan data jumlah calon pelajar baru baik itu SD maupun SMP. Kami sudah punya data," pungkas Arni. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: