Empat Kecakapan Ini Harus Dimiliki Seseorang di Abad 21, No 1 dan 3 Banyak Disepelekan

Empat Kecakapan Ini Harus Dimiliki Seseorang di Abad 21,  No 1 dan 3 Banyak Disepelekan

Kepala SMP Islam Al-Azhar 52 Kota Bengkulu, Dadyo Basuki, S.Pd saat menyampaikam kata sambutan-Adam-

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM - Bertempat di Masjid Khoirul Ikhsan Hasan yang berada di Komplek SMP Islam Al-Azhar 52 Kota Bengkulu, Jalan Pariwisata No. 01 A, Kelurahan Timur Indah, Kecamatan Singaran Pati,  Kamis pagi (5/1), para guru dan siswa menyelenggarakan salat Dhuha, pembacaan Asmaul Husna, dzikir Al Ma’tsurat dan kultum.

Dari pantauan RADARBENGKULUONLINE.COM , tampak hadir, Kepala SMP Islam Al-Azhar 52 Kota Bengkulu, Dadyo Basuki, S.Pd, 65 orang murid, 10 orang guru dan 2 orang tata usaha.


Siswa pria tampak serius mendengar ceramah-Adam-

Kepala SMP Islam Al-Azhar 52 Kota Bengkulu, Dadyo Basuki, S.Pd dalam kata sambutannya menyampaikan, ada 4 kecakapan yang harus dimiliki seseorang pada abad 21.

"Untuk menghadapi abad 21, ada 4 kecakapan yang harus dimiliki. Yakni :

BACA JUGA:2 Cara Komunikasi Dengan Nomor WA Yang Diblokir, Nomor 2 Bikin Kamu Senyum

1. Communication (Komunikasi).

Kemampuan ini merupakan aktivitas mentransfer informasi. Baik tulisan maupun lisan. Komunikasi yang efektif menjadi hal penting dalam peradaban agar adanya pemahaman suatu informasi sehingga tidak terjadi salah persepsi. Ada beberapa teknik dalam komunikasi antara lain :

– Mengucapkan dengan jelas, tegas, tidak berbelit-belit dan tidak ambigu.

– Memahami siapa yang berbicara sehingga informasi dapat masuk dengan baik.

– Menyampaikan informasi dengan global dan tujuan yang detail.

– Memberikan infomasi dengan contoh nyata ataupun secara langsung.

BACA JUGA:Masyarakat Bengkulu Tidak Perlu Jauh-Jauh Untuk Beli Iphone Lagi, Ibox Buka di Bencoolen Mall

2.  Creative (Kreatif)

Kemampuan ini merupakan kemampuan dalam mengembangkan, menyampaikan gagasan baru, bersikap terbuka serta melaksanakan kegiatan dengan responsif. Kreativitas memiliki sering berarti dengan kemampuan seseorang dalam membuat atau menciptakan sesuatu hal yang baru.

3. Critical Thinking (Berfikir Kritis)

Kemampuan ini merupakan pemahaman masalah dan mengkoneksikan informasi dengan menggunakan strategi kognitif untuk meningkatkan probabilitas pencapaian. Critical Thinking sering bermakna sebagai kemampuan kognitif menalar, memahami dan menentukan pilihan, menyusun, mengungkapkan, menganalisis, hingga menyelesaikan masalah.

4. Collaborative (Kolaborasi)

Kemampuan ini merupakan kolaborasi atau kerjasama yang saling sinergi dengan berbagai peran tanggung jawab. Sehingga dapat menjadi pribadi yang dapat bekerja produktif, menempatkan empati sesuai dengan tempatnya, serta menghormati adanya perspektif yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: