Jalan Provinsi Tiga Kabupaten Ini Dipertimbangkan, Dua Kabupaten Ini Diprioritaskan, Ada Apa?

Jalan Provinsi Tiga Kabupaten Ini Dipertimbangkan, Dua Kabupaten Ini Diprioritaskan, Ada Apa?

Jalan Nasional di Kabupaten Bengkulu Utara Butuh Penanganan Serius -ist-

 

BENGKULU, RADARBENGKULU, DISWAY.ID  - Dua titik ruas jalan provinsi prioritas beralihstatus jadi jalan nasional. Yakni jalan Muara Sahung - Air Tembok di Kabupaten Kaur, dan Kabupaten Kepahiang batas Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

 

Sedangkan ruas jalan Bengkulu Utara - Lebong-Rejang Lebong masih dipertimbangkan.

 

Hal ini membuat sejumlah pihak kecewa. Apalagi jalan provinsi yang melalui tiga kabupaten yakni Bengkulu Utara, Lebong hingga Rejang Lebong diketahui belum menjadi prioritas beralih status menjadi jalan nasional.

BACA JUGA:Warga Kaget, Ini Penyebab Kematian Jasad Terapung di Sungai Talo

BACA JUGA:Kasus Korupsi, Tiga Mantan Pimpinan DPRD Seluma Ditahan

 

Kekecewaan ini diungkapkan oleh sejumlah anggota DPRD Provinsi Bengkulu. Karena kerusakan ruas jalan provinsi pada tiga kabupaten tersebut sangat parah.

 

"Kami meyakini ruas jalan yang melalui tiga kabupaten itu sangat layak beralihstatus menjadi jalan nasional. Pertama karena menghubungkan jalan nasional. Kedua, dari 10 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bengkulu ini, hanya Kabupaten Lebong yang tidak memiliki ruas jalan nasional," ujar Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Mohd. Gustiadi, S.Sos.

 

Sehingga, lanjut pria yang akrab disapa Edi Tiger ini, ketika mendapatkan kabar jika ruas jalan Bengkulu Utara, Lebong hingga tembus Rejang Lebong tidak termasuk prioritas beralih status jalan nasional, tentu dirinya dan masyarakat khususnya di Kabupaten Lebong sangat kecewa.

 

Mengingat kondisi ruas jalan provinsi itu sudah sedemikian parah.

 

"Sementara jika perbaikannya hanya mengandalkan APBD provinsi, kita rasa tidak mampu. Lain hal jika Pemprov Bengkulu mau menggelontorkan anggaran yang besar untuk pembangunan ruas jalan yang dimaksud. Kita minta Gubernur bersama tiga Bupati untuk dapat menemui pemerintah pusat terkait masalah ini. Kita pun siap mendampingi," tegas Edi Tiger.

BACA JUGA:Data Penerima BLT DD Berubah, Hanya Miskin Ekstrem Yang Dapat, Ini Penjelasannya

BACA JUGA:Operasi Senyap Satreskrim Macan Gading Polresta Bengkulu, Tangkap Tiga Maling Bersajam, Begini Kronologisnya

 

Sementara itu, Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu, Herwin Suberhani, SH, MH menyampaikan, salah satu upaya yang memang harus dilakukan eksekutif untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, khususnya jalan yakni dengan mengusulkan alihstatus jalan provinsi menjadi jalan nasional yang sejauh ini sudah dilakukan.

 

"Hanya saja kita berharap usulan yang disampaikan, bagaimana caranya agar menjadi prioritas semuanya. Baru-baru inikan Pemprov mengusulkan lima titik ruas jalan, dari kabar terakhir hanya dua titik yang menjadi prioritas. Sedangkan tiganya belum, dan kita berharap tiga titik ini juga dapap menjadi prioritas," demikian Herwin.

 

Sebelumnya diberitakan, dua titik ruas jalan provinsi termasuk prioritas beralihstatus menjadi jalan nasional yakni Muara Sahung-Air Tembok di Kabupaten Kaur, dan Kabupaten Kepahiang batas Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Sedangkan ruas jalan Bengkulu Utara-Lebong-Rejang Lebong dipertimbangkan. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: