Layak Dapat Penghargaan, Bupati Gusnan Mulyadi Puji Camat Pino, Program Serbu Desa Perlu Dicontoh

Layak Dapat Penghargaan, Bupati Gusnan Mulyadi Puji Camat Pino, Program Serbu Desa Perlu Dicontoh

Camat Pino, Surahman,SE bersama seluruh Kades kompak merencanakan kegiatan program Serbu Desa-Fahmi-

 

MANNA, RADARBENGKULUONLINE.COM - Kecamatan Pino, Bengkulu Selatan  mempunyai Proram Serbu Desa. Dalam program ini, apa yang menjadi keluhan masyarakat dibahas dan  diselesaikan oleh seluruh Kepala Desa secara bersama-sama.

Camat Pino, Surahman,SE menyampaikan bahwa setiap Kepala Desa mempunyai kewajiban untuk memajukan desa yang lain.

Jangan hanya mengacu pada daerahnya saja. Meskipun yang menjadikan dia sebagai pemimpin masyarakat yang ada di tempat tersebut,hal ini harus dihilangkan dan harus mempunyai kepedulian yang lebih luas.

BACA JUGA:Membludak, Peserta Peringatan Isra Mi’raj Masjid Al-Mu’minun Pasar Ngalam Dapat Uang

 

"Kita berharap dari 15 desa di Kecamatan Pino akan maju secara serentak. Tidak ada bagusnya kalau hanya salah satu desa saja yang bagus dan baik sedangkan yang lain tidak. Selain itu kita juga memupuk rasa gotong royong dalam menyelesaikan persoalan yang dihadapi ketika tidak mampu dilakukan sendiri,"ungkap Surahman kepada RADARBENGKULUONLINE.COM diruangannya Kamis(16/02).

Bukan hanya Kepala Desa yang dilibatkan, tetapi dengan gotong royong seluruh masyarakat berpartisipasi menyelesaikan persolan tersebut.

Seperti yang sudah dilakukan dibeberapa desa dalam pengerjaan infrastruktur, bukan hanya masyarakat yang hadir, bahkan ke 15 Kepala Desa ikut hadir dan pihak Kecamatan.

BACA JUGA:Siap-Siap, BPKAD Bengkulu Selatan Akan Laksanakan Lelang Kendaraan Dinas

 

Apalagi Kepala Desa yang sedang memimpin, pastilah keluarganya sudah menyebar di setiap desa yang ada di Kecamatan Pino, tidak disatu desa saja berkumpul.

Hal ini jugalah yang mendasari program ini terwujud, sehingga setiap desa harus saling mengunjungi. Bahkan disana juga tali silaturahmi tetap terjalin.

"Program Serbu Desa ini sudah kita lakukan sebanyak empat desa,dengan pola setiap bulan bergantian. Sehingga dalam satu tahun sudah ada setiap bulan desa yang bertanggung jawab, '' ujar Surahman.

BACA JUGA: Menang Telak, Garuda FC Bantai Kayu Arang FC 6-0

 

Saat ini, lanjutnya,  sudah ada empat desa yang melakukan Program Serbu Desa ini.

Pertama, Desa Sebilo pembangunan Saung untuk wisata.

Kedua,  Desa Tanjung Aur memperbaiki jalan berlubang dan membuat siring sekitar 100 meter.

Ketiga, Desa Padang Mumpo memperbaiki jalan menuju persawahan.

Keempat, Batu Bandung melakukan perbaikan jalan menuju Sekolah Dasar di atas tebing sekitar 100 meter sesuai dengan kesepakatan prioritas yang bisa dilakukan.

BACA JUGA: Tingkatkan Kaderisasi, Pelantikan Pengurus Cabang PMII Kota Bengkulu Berjala Khidmat

 

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Muladi SE.MM mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi Camat Pino Masat dengan Program Serbu Desa.

Dengan program tersebut layak diberikan penghargaan yang luar biasa dengan seorang pemimpin yang mempunyai inovasi, kreatif tanpa harus mengandalkan pihak luar.

"Dengan program seluruh desa melakukan secara gotong royong menyelesaikan persoalan yang terjadi, seperti perbaikan infrastruktur, untuk itu kita berharap camat lain bisa mencontoh program tersebut dengan menggunakan dana kelurahan yang sudah ada,dengan melakukan perbaikan infrastruktur dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia(SDM),"pungkas Gusnan.

BACA JUGA:Sukses, Hadiah Gebyar Milad STIESNU Bengkulu Satu Abad NU Diserahkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: