Ayo Manfaatkan Beasiswa Khusus Anak Petani Sawit

Ayo Manfaatkan Beasiswa Khusus Anak Petani Sawit

Petani di Mukomuko memanen sawit-Seno-

MUKOMUKO, RADARBENGKULU.DISWAY.ID  - Ada peluang bagi masyarakat Kabupaten Mukomuko untuk mendapatkan bantuan biaya kuliah alias beasiswa dari pemerintah.

Masyarakat Mukomuko berpeluang besar mendapatkan beasiswa ini, karena Mukomuko memiliki hal ini.

BACA JUGA:Bung Karno ke Presiden Yugoslavia Kami Punya Way Of Life yakni PANCASILA

 

 

 

 

Informasinya, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelontorkan dana untuk beasiswa. Beasiswa ini dikucurkan melalui Direktorat Jendral (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) RI. Nama bantuan biaya kuliah ini yaitu beasiswa sumber Daya manusia (SDM) Kelapa Sawit.

Hal ini dibenarkan Kepala Dinas Pertanian Mukomuko, M. Rizon, S.Hut., M.Si ketika dikonfirmasi, Kamis (1/6).

BACA JUGA:SMPN 4 Kota Bengkulu Study Tiru di SMPN 7 dan Museum Geologi Kota Bandung

 

 

 

"Pemerintah, pada tahun 2023 ini memberikan beasiswa SDM Sawit. Dananya bersumber dari BLUD Kemenkeu yaitu BPDPKS," terang Rizon.

Lalu ia menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan beasiswa SDM Sawit ini syaratya yaitu keluarga petani sawit, dan keluarga dari karyawan atau pekerja di perusahaan bidang perkebunan dan industri sawit. Tentu syarat utama itu merupakan profesi mayoritas masyarakat Mukomuko.

 

 

 

 

"Kami dari dinas mendorong putra putri kita untuk ikut mendaftar karena ini kesempatan baik. Apalagi daerah kita merupakan daerah yang cukup dominan perkebunan sawit," ujar Rizon.

Tentu tidak semua jurusan kuliah yang bisa mendapat beasiswa ini. Melainkan program studi (Prodi) beasiswa SDM Sawit. Diantaranya Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit untuk Diploma Tiga (D3), Teknologi Pengolahan Hasil Perekebunan Kelapa Sawit (D3), dan Manajemen Logistik (D3).

 

 

 

 Sedangkan untuk Diploma Empat (D4) diantaranya Teknologi Proruksi Tanaman Perkebunan, Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak. 

Waktu pendaftaran, sambung Rizon dimulai sejak tanggal 13 Mei hingga 19 Juni 2023, lalu tes seleksi dimulai tanggal 26 Juni hingga 18 Juli 2023, dan untuk pengumuman dilaksanakan tanggal 22 Agustus 2023.

BACA JUGA:Gawat, Bakal Ada Kelurahan Yang Hilang Jika Peraturan Walikota No 9 Diberlakukan

 

 

 

"Target penerima beasiswa SDM Sawit tahun 2023 sebanyak 2.000 orang. Pendaftaran beasiswa SDM PKS tahun 2023 dilakukan secara online melalui website: https.//ditenbun.pertanian go id/ atau https.//beasiswasawit.id/," tutup Rizon. 

BACA JUGA:Bupati Seluma Serahkan Kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk 390 Nelayan di Ilir Talo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: