Gusnan Mulyadi: Tanam Enam Pondasi Pendidikan pada Anak

Gusnan Mulyadi: Tanam Enam Pondasi Pendidikan pada Anak

Gusnan Mulyadi,SE.MM-Fahmi-radarbengkulu.disway.id

MANNA, RADARBENGKULU.DISWAY.ID  -  Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi,SE.MM, mengatakan tes calistung untuk penerimaan peserta didik baru tingkat Sekolah Dasar (SD) harus dihapus atau ditiadakan.

Kemudian, masa perkenalan untuk peserta didik baru selama dua minggu pertama di PAUD dan SD, ada enam pondasi yang harus ditanamkan kepada anak usia dini. Semestinya diajari untuk mandiri dan dapat bersosialisasi.

BACA JUGA:Minum Air Kelapa Hijau Membuat Ginjal Tetap Sehat

 

 

 

Dengan begitu, lanjut Gusnan Mulyadi,  anak nantinya  dengan teman sebayanya, mampu mengenal diri sendiri serta bermain yang menyenangkan.

Karena, bermain dalam dunia anak adalah bagian dari proses belajar itu sendiri.

BACA JUGA:Menyingkap Tambo Suku Rejang di Provinsi Bengkulu (10) - Rejang Sawah Bertekuk Lutut

 

 

 

"Untuk itu mari kita terapkan pembelajaran yang membangun enam fondasi pendidikan untuk anak PAUD dan SD. Yaitu nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar, kematangan kognitif melakukan kegiatan belajar, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri, serta pemaknaan belajar adalah suatu yan g menyenangkan dan positif,"ujar Gusnan kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID tadi siang.

 

 

 

Bahkan dari riset dan teknologi (Kemendikbudristek) sedang  melakukan sejumlah transformasi di satuan pendidikan jenjang anak usia dini dan dasar lewat Merdeka Belajar episode ke-24 tentang Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

BACA JUGA:Kader Posyandu Menunggu Turunnya BLT Kasus Stunting di Teramang Jaya

 

 

 

Artinya,  salah satu misi program tersebut yaitu memperbaiki miskonsepsi tentang baca, tulis, hitung (calistung) dengan meniadakan tes calistung di tingkat PAUD ke SD.

Selain menghapus tes calistung (baca, tulis, hitung) untuk penerimaan peserta didik baru di SD bahkan menerapkan masa perkenalan untuk peserta didik baru selama dua minggu pertama di PAUD dan SD.

BACA JUGA:Pantai Panjang Bengkulu Dibersihkan Kapolda Bersama Forkopimda Provinsi

 

 

 

"Dengan begitu, kita berharap dengan tidak adanya seleksi tersebut bisa mempermudah anak untuk bersekolah. Yang penting mereka mempunyai kesiapan belajar, cukup umur, mempunyai kematangan mental, kemandirian, itu sudah cukup. Semoga dengan begitu kita bisa.menciptakan generasi yang cerdas,berintelektual serta mempunyai karakter yang baik,"pungkas Gusnan.

BACA JUGA:Konflik Agraria Banyak Terjadi di Bengkulu Utara

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id / gusnan mulyadi: tanam enam pondasi pendidikan pada anak