Pedagang Pantai Abrasi Mukomuko Keberatan Disuruh Pindah

Pedagang Pantai Abrasi Mukomuko Keberatan Disuruh Pindah

Pj. Sekda Mukomuko, Dr. Abdiyanto-Seno-

MUKOMUKO, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Mukomuko serius menertibkan pedagang di sepanjang Pantai Abrasi. 

BACA JUGA:Menyingkap Tambo Suku Rejang di Provinsi Bengkulu (11) - Raja Tiang IV Diserang Suku Bugis

 

 

 

 

Ini setelah terbit surat dari Pemkab Mukomuko prihal pemberitahuan imbauan pemindahan lapak pedagang di Pantai Abrasi yang ditandatangani oleh Sekda, Dr. Abdiyanto.

Sosialisasi dari jajaran Pemkab mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga Dinas Satpol-PP gencar dilakukan. Upaya pemerintah merealokasi pedagang itu mendapat reaksi beragam. Namun mayoritas keberatan diminta pindah. 

 

 

 

Kadis Satpol-PP, Suryanto, S.Pd menuturkan, saat ini pihaknya telah mensosialisasikan dan menjelaskan secara baik-baik maksud dan tujuan pemerintah meminta lapak pedagang dipindahkan. 

Ia mengakui, ada saja pedagang yang "bandel" dan menuntut hal yang tidak masuk akal kepada pemerintah. 

BACA JUGA:Pelepasan 94 Jemaah Calon Haji Benteng Diiringi Isak Tangis Keluarga

 

 

 

"Ada pedagang yang minta ganti rugi. Jelas hal itu tidak bisa dikabulkan pemerintah. Tidak pernah Pemkab Mukomuko menyuruh dan mengizinkan pedagang mendirikan bangunan warung di sisi barat jalan atau arah laut itu," tegas Suryanto. 

BACA JUGA:Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Pertanyakan PAD Pantai Panjang

 

 

 

Ia mengungkapkan, sosialisasi kepada para pedagang di Pantai Abrasi itu bukan baru-baru ini dilakukan. Satpol-PP maupun kecamatan sudah meminta kepada para pedagang untuk tidak membangun lapak sejak lama.

Hanya saja sosialisasi lisan itu tidak dihiraukan. Sebab itulah Pemkab Mukomuko menerbitkan surat resmi. 

BACA JUGA:Kwarnas Gerakan Pramuka Puji Kwarda 07 Bengkulu

 

 

 

Permintaan kepada pedagang untuk memindahkan lapak bukan tanpa solusi. Pedagang, kata Suryanto hanya diminta memindahkan bangunan warungnya dari tepi laut ke seberang, atau dari arah barat jalan raya pindah ke arah timur jalan. 

Tujuannya agar objek wisata Pantai Abrasi lebih tertata, tampak indah dan bersih. Harus dikatakan, setelah banyak lapak pedagang, Pantai Abrasi seperti tidak tertata dan kotor. 

 

 

 

"Lihat saja sekarang, sampah banyak, pemandangan terganggu dengan macam-macam. Jemuranlah, pokoknya keindahan wisata berkurang," paparnya. 

Ditegaskannya lagi, pihak Pemkab Mukomuko meminta kepada pedagang di Pantai Abrasi segera memindahkan lapaknya masing-masing.  

BACA JUGA:Bupati Mian Hadiri Pembukaan Penas KTNA di Sumatera Barat

 

 

 

"Kami minta segera. Bongkar sendiri, dan pindahkan sendiri. Tidak ada ganti rugi," ujarnya. 

"Ini untuk kebaikan bersama. Khususnya pedagang sendiri. Kalau pantai kita bersih, indah, akan banyak pengunjung. Yang untung pedagang. Kalau kotor, sembraut mana pengunjung mau datang. Kami minta segera pindah," demikian Suryanto. 

BACA JUGA:Masih Ada Warga Bengkulu Selatan BAB Sembarangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id / pedagang pantai abrasi mukomuko keberatan disuruh pindah