Masih Minim Peminat, Akhirnya Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Kota Diperpanjang Lagi

Masih Minim Peminat, Akhirnya Pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Kota Diperpanjang   Lagi

Logo Bawaslu--

 

RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu menerima perubahan jadwal seleksi, dari Bawaslu RI. Yang mana sebelum perubahan masa perpanjangan pendaftar seleksi hanya dilakukan selama tiga hari dari tanggal 13-15 Juni. Namun dilakukan perubahan masa perpanjang pendaftaran hingga (21/6). 

 

 

 

Hal ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendaftarkan diri menjadi calon pengawas pemilu. "Ada perubahan jadwal, untuk terakhir pendaftaran pada 21 Juni. "Kami timsel mengharapkan masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendaftar sebagai calon anggota Bawaslu, sesuai dengan domisili," sampai Timsel Bengkulu 1 Jt Pareke  SH. MH. 

BACA JUGA:Daftarlah....Perempuan Bengkulu Ditunggu Timsel Bawaslu

 

 

 

Pareke mengatakan, selama tiga hari masa perpanjangan pendaftar di buka, baru dua orang saja yang telah mendaftar yakni dari Kabupaten Mukomuko satu orang dan satu orang dari Kabupaten Lebong. 

 

 

"Ada tambahan pendaftar satu orang laki-laki dari Kabupaten Mukomuko dan satu perempuan dari Kabupaten Lebong," ungkapnya. 

 

 

Dijelaskan Jt Pareke, untuk di wilayah Timsel Bengkulu 1, calon anggota Bawaslu dibutuhkan delapan kali kebutuhan, sedangkan kebutuhan anggota Bawaslu Kabupaten/kota berjumlah 3 orang, sehingga jika dibutuhkan delapan kali kebutuhan maka setidaknya pendaftar sebanyak 24 orang.

BACA JUGA:Kamu Berminat Jadi Angota Bawaslu? Berikut Nama Timsel Bawaslu 8 Kabupaten/ 1 Kota  

 

 

Sedangkan untuk pendaftar di wilayah Timsel satu  yang meliputi Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Kepahiang, Rajang Lebong dan Lebong. Dua Kabupaten saja yang memenuhi kebutuhan. Sedangkan untuk 30 persen kebutuhan perempuan dari lima Kabupaten belum ada yang terpenuhi. 

 

 

"Untuk tiga Kabupaten yakni Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Utara dan Kabupaten Kepahiang, dibuka perpanjangan pendaftaran itu laki-laki dan perempuan karena belum mencukupi delapan kali kebutuhan. Sedangkan dua Kabupatennya yakni Rejang Lebong dan Lebong hanya dibuka perpanjangan untuk pendaftar Perempuan saja," Jelasnya. 

BACA JUGA:Timsel KPU Umumkan 20 Besar Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota

 

 

Lanjut Jt Pareke, Saat ini untuk pendaftar rata-rata setiap Kabupaten itu satu sampai 5, seharusnya yang di butuhkan untuk formasi perempuan sebanyak 7 persen dari delapan kali kebutuhan. 

 

 

 

"Kebutuhan anggota Bawaslu itu 3 orang jadi kalau delapan kali kebutuhan itu 24 orang. Sedangkan untuk kouta perempuan itu 30 persen dari itu, artinya dibutuhkan untuk perempuan itu 7 orang," lanjutnya. 

BACA JUGA:Ini 5 Nama Timsel Bawaslu Provinsi

 

 

 

Terpisah Koordinator Timsel Bengkulu II, Ari Arnando SH, mengatakan dari wilayah Timsel II yang meliputi, Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur,  pendaftar yang belum memenuhi delapan kali kebutuhan hanya Kabupaten Kaur. Sedangkan untuk 30 persen  kouta pendaftar perempuan baru satu Kabupaten Bengkulu Selatan. "Empat Kabupaten lagi, pendaftar yang belum terpenuhi 30 persen keterwakilan perempuan," sampai dia.  

 

 

 

Sementara itu, ada dugaan lain yang mempengaruhi minimnya pendaftar calon anggota bawaslu kabupaten/kota hingga dua kali masa perpanjangan ini. Diantaranya mungkin saja persyaratannya yang diminta terlalu berbelit dan butuh biaya yang lumayan besar untuk menuntaskan persyaratan tersebut. 

BACA JUGA:242 Pendaftar Calon Anggota KPU, 119 Pelamar Belum Cukup Umur, 3 Pelamar Serahkan Berkas ke Timsel

 

 

 

Ditambah lagi isu yang berkembang jika seleksi ini hanya formalitas belaka, sehingga membuat calon pelamar yang berminat mengurungkan niatnya untuk ikut seleksi. "Untuk apa ikut seleksi itu, kalau orang-orang yang akan jadi sudah ada, jadi lebih baik tidak ikut, karena untuk ikut seleksi itu butuh biaya paling tidak satu Jutaan," kata calon pelamar yang minta namanya tidak dituliskan. 

 

 

 

Bahkan kata dia, untuk ngurus-ngurus berkas dan bayar pemeriksaan kesehatan fisik, jiwa dan bebas narkoba dirumah sakit pemerintah paling tidak 450 ribu, lalu SKCK, lalu surat dari Pengadilan dan sebagainya, lalu masih banyak lagi syarat-syarat yang terkesan mempersulit pelamar. 

BACA JUGA:Timsel KPU Kabupaten Kota Buka Lowongan Komisioner... Yuk Buruan Daftar

 

 

 

"Seharusnya untuk pelamar tidak perlu syarat yang mengada-ada, cukup ijazah, dan surat keterangan kesehatan, kalau lulus itu, baru dilanjutkan dengan tahapan lain, seperti pemeriksaan kesehatan dan sebagainya, itulah tugasnya timsel untuk memastikan calon pelamar ini supaya benar-benar sesuai kritera yang diinginkan," kata dia. 

 

 

 

Buatlah semudah mungkin untuk pendaftaran tersebut, lalu setelah itu ada pemeriksaan berkas dan itulah domainnya timsel. "Jadi timsel ada kerjaannya, untuk memastikan dan memeriksa berkas yang disampaikan calon pelamar tersebut sesuai atau tidak," ujar dia. 

BACA JUGA:Dari 68 Pelamar Calon Anggota KPU Serahkan Berkas ke Timsel, 18 Nama Dipastikan Tereleminasi

 

 

 

Jika ini dilakukan maka dipastikan akan banyak pelamar untuk mengikuti seleksi tersebut. "Tapi kalau baru melamar saja sudah menghabiskan uang yang cukup besar, maka dipastikan kurang peminatnya," singkat dia. 

 

Berikut Jumlah Pelamar Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota 

 

Wilayah              Laki-laki      Perempuan  Total 

Kota Bengkulu         29              4                  33

Bengkulu Tengah     20              4                  24

Seluma                   31              2                  33

Bengkulu Selatan    31               7                  38

Kaur                      14               5                  19

Kepahiang              21               2                  23

Rejang Lebong        31               3                  34

Lebong                   29               3                  32

Bengkulu Utara       21               2                  23

Mukomuko             20                1                  21

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id