Hukum Kurban 1 Kambing Untuk Satu Keluarga, Dalilnya Ada

Hukum Kurban 1 Kambing Untuk Satu Keluarga, Dalilnya Ada

Kambing Kurban-ist-radarbengkulu,disway.id

RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Menurut Ust Adi Hidayat, ada persepsi yang agak berbeda di masyarakat dan ini kurang tepat, sebagian masyarakat mengatakan kalau kurban kambing, satu sambing untuk satu orang.



Sedangkan sapi boleh iuran. "Maaf tidak semua untuk satu kambing itu. Tidak harus ditujukan seseorang, tidak. Boleh satu keluarga. Misal satu kambing diniatkan untuk satu keluarga boleh.  Jadi nggak usah kemudian diseling, ini tahun ini si Pulan, tahun ini si Pulan, tidak,".

BACA JUGA:Sapi Mukomuko untuk Kurban Sudah Banyak Dipesan Orang



Kalau anggarannya cukup untuk satu-satu, silahkan satu-satu. "Kalau satu itu, tidak ada yang lain, yang ada cuma dua juta setengah, pengin beli kambing satu, boleh. Saya berkurban untuk satu keluarga,"



Dalilnya ada, Nabi Muhammad mengatakan "Allahumma Hadza Min Muhammad wa ali Muhammad Wa Ummat Muhammad, artinya; Ya Allah tolong terima kurban saya dari Muhammad dan keluarga besar Muhammad dan untuk ummat Muhammad yang selama hidupnya nggak bisa kurban,"

BACA JUGA:Kambing Kurban Penjaga Sekolah di Seluma Hilang



Nabi Muhammad SAW, untuk ummatku ya Allah yang mungkin selama hidupnya nggak pernah berkurban, Nabi mewakilinya. Itu luar biasa.

BACA JUGA: Kapolda Bengkulu Serahkan Sapi Limosin 900 Kg Kepada Panitia Kurban


Nah, jadi kalau punya satu bagian, nggak ada untuk satu orang misalnya, tapi cukup untuk semuanya, maka niatkan Ya Allah ini kurban, utuk keluarga saya, langsung sebutkan namanya.



Misalnya bapak saya namanya Muhammad, sudah meninggal, saya kataka saya punya uang 2,5 juta, saya beli kambing. Ya Allah ini kurban atas nama keluarga besar Almarhum bapak Muhammad, maka ibu saya ikut, saya ikut, kakak saya ikut, adik saya ikut, sayapun ikut disitu.

BACA JUGA:Bengkulu Potong 9.823 Hewan Kurban 



Berdasarkan SKB 3 Menteri, libur Idul Adha 2023 ditetapkan jatuh pada hari Kamis, 29 Juni 2023. Bagi Muslim seluruh dunia yang akan melaksanakan kurban dipersilahkan usai salat Idul Adha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id