Mupen KB Kampanyekan Bangga Kencana Lintas Jawa-Sumatera

Mupen KB Kampanyekan Bangga Kencana Lintas Jawa-Sumatera

Bengkulu mendapatkan juara 2 dari kategori peserta terbanyak-adit/ist-radarbengkulu.disway.id

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Puluhan Mobil Unit Penerangan (Mupen) KB di beberapa kantor perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di tanah air pekan ini turun mengikuti roadshow "Temu Mupen Jawa Sumatera (Temu Jawara)" untuk mengkampanyekan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) lintas Pulau Jawa-Sumatera. 

BACA JUGA: Inilah Kisahnya Fatmawati dan Bung Karno di Bengkulu (11) - Ikut Kongres Muhammadiyah di Kota Pekmpek

Dalam menyongsong puncak Harganas ke-30 tahun 2023 pada 6 Juli 2023 BKKBN melanjutkan roadshow dengan menurunkan sebanyak 50 unit Mupen KB untuk meningkatkan gaung KB ditengah masyarakat khususnya di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel). Puluhan Mupen KB tersebut mengitari Kota Palembang dan Banyuasin dan menempuh rute puluhan kilometer.

Acara pelepasan roadshow Temu Jawara di Banyuasin dihadiri Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kasipenad) Brigjen Hamim Tohari, Kepala BKKBN, Dr.(HC). dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG. (K)., didampingi Deputi Bidang Advokasi dan Penggerakan dan Informasi  Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd., dan Sekretaris Utama BKKBN Drs. Tavip Agus Rayanto, M.Si.

BACA JUGA:Jalan Lintas di Bengkulu Tengah Terendam Banjir

Tampak hadir beberapa Kaper BKKBN provinsi, diantaranya Kaper BKKBN Jatim, Dra. Maria Ernawati, M.M., Kepala Perwakilan Provinsi Bengkulu M.Iqbal Apriansyah, Kaper BKKBN DIY yang baru ini diangkat menjadi Kaper BKKBN Sulawesi Selatan, Shodiqin SH.,MM dan Kepulauan Riau Rohina., M. Si.

Dalam pawai penerangan KB tersebut, Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu menghadirkan separuh mupen dari Bumi Rafflesia yaitu Mupen Provinsi Bengkulu sebanyak dua unit, Kabupaten Kepahiang, Rejang Lebong dan Kota Bengkulu masing-masing satu unit, kata Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bengkulu, M.Iqbal Apriansyah,SH, M.P.H. 

BACA JUGA:140 Pejabat Fungsional Bengkulu Tengah Diambil Sumpah Jabatannya

Pada puncak roadshow ini, lanjutnya, KB BKKBN menggelar apresiasi Temu Mupen, dimana Bengkulu mendapatkan juara 2 dari kategori peserta terbanyak. Sementara pada peringkat 1 diraih Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan lomba tersebut merupakan apresiasi pemerintah terhadap semangat tenaga operator Mupen di daerah. Sehingga nantinya diharapkan keberadaan Mupen KB tetap bersuara lantang untuk mengampanyekan program Bangga Kencana dan percepatan penurunan stunting.

BACA JUGA:Tiga Penghargaan Nasional Diserahkan ke Provinsi Bengkulu

Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo berharap Mupen KB tetap menjadi garda terdepan bangga kencana untuk menyasar keluarga-keluarga hingga pelosok desa. "Arahan bapak presiden Joko Widodo, kita masih berpegang teguh dengan nawacita.  Daerah terisolir harus tembus semua. Kita ketemu masyarakat secara fisik, kehadiran pemerintah dalam keluarga yang di daerah terpencil memberikan arti yang luar biasa,'' terang Hasto.

Roadshow mupen KB bertujuan untuk mensosialisasikan Harganas sebagai hari besar bagi keluarga Indonesia untuk kembali berkumpul. Karena dalam keluarga memuat pesan edukasi nilai kasih sayang. Keluarga merupakan kunci utama menuju manusia Indonesia yang berakhlak mulia, sejahtera dan berkualitas. 

BACA JUGA:Kepala BKKBN Ajak Keluarga Cegah Stunting Melalui Refocusing Keuangan

Untuk mengembalikan nilai keluarga sebagai wadah utama pendidikan dalam keluarga, masyarakat dan bangsa, BKKBN pada rangkaian Harganas mengedepankan konsep "kembali ke meja makan. Program tersebut menghadirkan belasan keluarga-keluarga berisiko stunting agar menerima pengetahuan pengasuhan yang baik dalam keluarga mulai janin dalam kandungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id /mupen kb kampanyekan bangga kencana lintas jawa-sumatera