Inilah Kisahnya Fatmawati dan Bung Karno di Bengkulu (13) - Berdagang Sayur di Kota Curup

Inilah Kisahnya  Fatmawati dan Bung Karno di Bengkulu  (13) - Berdagang Sayur di Kota  Curup

Waktu kecil dahulu Fatmawati sering bermain dan mandi di Pantai Malabro ini -Azmaliar Zaros-radarbengkulu.disway.id

Walaupun berhenti sekolah saat pindah ke Palembang dan Curup, ia tidak dipinggit. Malah berkat kemajuan, ia dibawa oleh Muhammadiyah. Ia ikut berbagai kegiatan di masyarakat.

BACA JUGA:Ini Pesan Gubernur Rohidin kepada Kontingen PORNAS XVI KORPRI

 

Seperti yang dulunya dirindukan RA Kartini bagi kaumnya. Cuma saja, karena kemampuan ekonomi, ia tidak ada biaya untuk melanjutkan sekolah, dalam kebebasan yang dirintis oleh Muhammadiyah itu.

Ia tak mau dan tak pernah membebani ayahnya untuk membayar uang sekolah. Ia pasrah kepada Tuhan soal nasibnya di belakang hari. Ia sayang kepada ayah dan ibunya itu.

 

Ayahnya yang jebolah sekolah guru itu setelah berhenti dari perusahaan Borsumy karena alasan politik memang tidak ada pekerjaan tetap lagi. Karena itu, ia lebih banyak berjuang untuk negara dan agama.

Pengorbanannya itu tidak ada jaminan sosial untuk kehidupan yang bisa diandalkan. Ia sering pindah dari rumah yang satu ke rumah yang lain.

BACA JUGA:Ini Tahap Awal, Pemkot Bengkulu Rotasi Pejabat Eselon II

 

Pindah dari satu kota ke kota lain. Ini menjadi nasib hampir seluruh angkatan yang terdidik di masa penjajah , apalagi kalau memilih atau terseret semangat perjuangan.

Fatmawati sendiri pada waktu itu tidak cukup tahu sebagai sesuatu hal yang menjadi ciri khas dalam masyarakat terjajah, meskipun ayah dan ibunya sepenuhnya mengabdi pada usaha perbaikan dan kemajuan agama dan masyarakat  demi untuk mengatasi tindakan kolonialisme.(bersambung)

BACA JUGA:Warga Bengkulu Heboh Lihat 10 Pasang Warga Nikah Gratis, Ada Mas Kawinnya Lagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id / inilah kisahnya fatmawati dan bung karno di bengkulu (13)