Warga Bengkulu Heboh Lihat 10 Pasang Warga Nikah Gratis, Ada Mas Kawinnya Lagi

Warga Bengkulu Heboh Lihat 10 Pasang  Warga Nikah Gratis, Ada Mas Kawinnya Lagi

10 pasangan pengantin baru melaksanakan nikah balai atau nikah gratis-Windi-radarbengkulu.disway.id

RADARBENGKULU.DISWAY.ID – Warga Bengkulu Heboh. 10 pasangan warga Kota Bengkulu melaksanakan Nikah Balai atau nikah secara gratis. 

BACA JUGA: Inilah Kisahnya Fatmawati dan Bung Karno di Bengkulu (11) - Ikut Kongres Muhammadiyah di Kota Pekmpek

 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bengkulu. Pernikahan secara masal ini dilaksanakan pada  Kamis (6/7) sekitar pukul 10.00 WIB di salah satu Hotel di Pantai Panjang Bengkulu.

Setelah melaksanakan ijab kabul, seluruh pasangan pengantin melaksanakan Belarak menggunakan delman yang diiring lantunan alat musik Khas Bengkulu. Belarak ini dilakukan untuk melestarikan adat Bengkulu.

BACA JUGA: Warga Sendawar Diamankan Polisi Usai Terima Paket COD

 

Disampaikan Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi, ini upaya Pemerintah Kota Bengkulu memberikan kebahagiaan kepada masyarakat. Maka, Pemkot kembali menyelenggarakan nikah balai. 

Pada nikah gratis tahun 2023 kali ini sedikitnya ada 10 pasangan pengantin yang melaksanakan pernikahan. 

BACA JUGA:Tertawa Bisa Tingkatkan Derajat Kesehatan Hidup

 

"Alhamdulillah, melalui program ini masyarakat Kota Bengkulu merasa senang. Karena, itu dapat meringankan beban masyarakat yang ingin menikah, namun terhalang ekonomi, " sampainya. 


Pasangan pengantin baru belarak naik Delman usai melaksanakan nikah balai atau nikah gratis-Windi-radarbengkulu.disway.id

 

Selain meringankan beban masyarakat Kota Bengkulu, program ini juga mengajak masyarakat untuk kembali melestarikan adat Bengkulu yang mana setiap pengantin  selesai melaksanakan pernikahan, maka dilakukan belarak mengelilingi sekitar rumah.

"Untuk melestarikan adat Bengkulu, maka pengantin belarak menggunakan delman sepanjang Pantai Panjang, " katanya. 

 

Masih dikatakan Wawali, untuk pelaksanaan Nikah Balai Gratis 2023, Pemerintah Kota Bengkulu telah menyiapkan  penghulu untuk menikahkan para peserta dan pelaksanaan program tersebut 100 persen gratis. Program ini dianggarkan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 90 juta.

"Semua kita siapkan, termasuk mas kawin agar pengantin benar-benar tidak terbebani, " ujarnya. 

BACA JUGA:150 Beasiswa Baznas Diperebutkan 888 Peserta

 

Sementara itu Kepala Bidang DP3AP2KB Kota Bengkulu, Riza Emilia mengatakan, 10 pasangan pengantin yang telah melaksanakan pernikahan tersebut sebelumnya sudah melalui proses pendaftaran dan telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. 

BACA JUGA: Pameran 1.000 Batang Lemang di Napal Jungur Dirapatkan Sekda Seluma

 

"Untuk syarat mendaftar nikah balai, warga asli Kota Bengkulu yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK), surat keterangan tidak mampu. Tidak dalam ikatan pernikahan. Jika janda atau duda cerai dibuktikan dari pengadilan agama. Sedangkan kalau dikarenakan meninggal maka dibuktikan dengan akte kematian," sampainya.

BACA JUGA:Tiga Penghargaan Nasional Diserahkan ke Provinsi Bengkulu

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id /warga bengkulu heboh lihat 10 pasang warga nikah gratis