Belajar Merawat Ketahanan Keluarga dari Kisah Nabi Ibrahim

Belajar Merawat Ketahanan Keluarga dari Kisah Nabi Ibrahim

Ilustrasi keluarga bahagia-Ist-radarbengkulu.disway.id

Refleksi Hari Keluarga Nasional 2023

 

Oleh: Andi Ahmadi

 

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Peringatan Hari Keluarga Nasional tahun ini sangat spesial. Karena, bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha. Disebut spesial karena sejarah Idul Adha melibatkan sebuah keluarga ideal yang menjadi teladan.

Yaitu keluarga Nabi Ibrahim. Salah satu momen penting yang terjadi dalam sejarah lahirnya hari raya kurban adalah dialog antara Ibrahim dan Ismail menjelang proses penyembelihan. 

BACA JUGA:Gampang Banget, Begini Cara Membuat Donat Empuk dan Renyah

 

Suatu ketika Ibrahim memanggil anaknya, Ismail. “Wahai anakku,” ucap Ibrahim dengan penuh kasih sayang. “Sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Bagaimana pendapatmu, Nak?” sambungnya dengan nada yang agak berat.

Ibrahim sangat yakin bahwa mimpi tersebut datang dari Allah. Meskipun demikian ia tidak serta merta langsung memanggil dan menyembelih anaknya.

BACA JUGA:Prihatin, HMI Curup Kecam Oknum Ortu Pelajar Aniaya Guru di Rejang Lebong

 

Ibrahim justru mengajak putranya untuk berdialog dan menanyakan pendapatnya terkait mimpinya. Sebagai seorang nabi sekaligus kepala keluarga, bisa saja ia memilih untuk langsung mengambil keputusan.

Nyatanya Ibrahim lebih memilih cara lain. Ia ingin mengajarkan bagaimana sikap seorang pemimpin keluarga dalam mengambil sebuah keputusan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id