Menggembirakan, Penduduk Miskin Sudah Turun di Provinsi Bengkulu

Menggembirakan, Penduduk Miskin Sudah Turun di Provinsi Bengkulu

Inilah Kantor Gubernur Bengkulu yang terletak di Padang Harapan-Azmaliar Zaros-radarbengkulu.disway.id

RADARBENGKULU.DISWAY.ID  - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu mencatat jumlah penduduk miskin di Provinsi Bengkulu pada Maret 2023 mencapai 288,46 ribu orang.

Jumlah ini mengalami penurunan sebanyak 4,5 ribu orang dibandingkan September 2022. 

Sementara itu, jika dibandingkan dengan Maret 2022, jumlah penduduk miskin berkurang sekitar 8,77 ribu orang.

BACA JUGA:Sudah Berdatangan, 20. 000 Jemaah Laki-Laki akan Berdoa di Kota Bengkulu 

 

Dengan penurunan yang ada, persentase penduduk miskin Bengkulu  pada Maret 2023 tercatat sebesar 14,04 persen atau menurun 0,3 persen poin terhadap September 2022 dan turun 0,58 persen poin terhadap Maret 2022. 

Berbanding dengan angka kemiskinan, Garis Kemiskinan (GK) Provinsi Bengkulu Maret 2023 adalah sebesar Rp 637.142,- per kapita per bulan, atau mengalami kenaikan 1,84 persen dibandingkan September 2022.

BACA JUGA:Inilah Kisahnya Fatmawati dan Bung Karno di Bengkulu (27) - Ciuman Sayang dari Bung Karno

 

"Garis Kemiskinan ini jika dibandingkan pada Maret 2022, terjadi kenaikan sebesar 7,85 persen," sampai Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Ir. Win Rizal, ME. 

Ia memaparkan, garis kemiskinan merupakan suatu nilai pengeluaran minimum kebutuhan makanan dan nonmakanan yang harus dipenuhi agar tidak dikategorikan miskin. Sedangkan untuk penduduk miskin adalah  penduduk yang memiliki rata-rata pengeluaran per kapita per bulan di bawah Garis Kemiskinan. 

BACA JUGA:Pasar Purwodadi Arga Makmur Ditargetkan Selesai Awal 2024

 

"Komponen Garis Kemiskinan terdiri dari Garis Kemiskinan Makanan (GKM) dan Garis Kemiskinan Bukan Makanan (GKBM). Dimana peranan komoditi makanan masih jauh lebih besar dibandingkan peranan komoditi bukan makanan," urai Win Rizal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: