Tiga Kabupaten di Provinsi Bengkulu Tak Disinggahi Roadshow Bus KPK

Tiga Kabupaten di Provinsi Bengkulu Tak Disinggahi Roadshow Bus KPK

rapat persiapan Roadshow KPK RI di Provinsi Bengkulu-Windi Junius-radarbengkulu,disway.id



RADARBENGKULU, DISWAY.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkeliling di Provinsi Bengkulu dan menghampiri Kabupaten yang ada di Bengkulu. Kegiatan diawali dari Kabupaten Kaur pada Minggu (27/8). Sasaranya adalah menyampaikan sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi.

Kemudian pada sore harinya BUS KPK tersebut tiba di Kota Bengkulu. Untuk mempersiapkan kegiatan lounching Roadshow  BUS KPK, Pemerintah Provinsi Bengkulu melakukan rapat finalisasi kegiatan yang akan diselenggarakan oleh KPK di Bengkulu.

Rapat tersebut dipimpin langsung Asisten III Nandar Munadi di Gedung Pola Kantor Gubernur, pada Senin (28/8) pagi.

"Hari ini kita dari Pemerintah Provinsi Bengkulu bersama tim KPK melakukan rapat Finalisasi untuk kegiatan Roadshow BUS KPK. Karena Tadi malam (27/8) malam) BUS KPK sudah tiba di Bengkulu," kata Nandar usai menggelar Rapat.

BACA JUGA:Roadshow Bus KPK, Bengkulu Terpilih Sebagai Titik Awal Sosialisasi Anti Korupsi di Pulau Sumatera


Nandar menjelaskan penting rapat pematangan Jadwal Roadshow tersebut karena akan melibatkan semua pihak agar nantinya sosialisasi anti korupsi tersampaikan dan dapat diterima dengan baik serta diimplementasikan oleh seluruh lapisan masyarakat, baik itu Seluruh ASN kepala Daerah, serta Anggota DPRD dan lembaga yudikatif.

"Jadwal kegiatan dan juga termasuk tempat itu sangat penting untuk disiapkan. Serta juga keterlibatan dari semua pihak untuk mendukung kegiatan ini juga tidak kalah penting, agar pelaksanaan berjalan sukses, sehingga pesan-pesan dari kampanye anti korupsi ini  tersampaikan," sampainya.


Kegiatan kampanye anti korupsi di "Roadshow Bus KPK" tersebut melibatkan semua pihak lapisan masyarakat, mulai dari kepala daerah, organisasi pemerintahan daerah, tokoh, Forkopimda, hingga para pelajar di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Roadshow Bus KPK, Bengkulu Terpilih Sebagai Titik Awal Sosialisasi Anti Korupsi di Pulau Sumatera

"Intinya pesan mencegah korupsi akan digelar KPK ke seluruh lapisan masyarakat, melibatkan sampai anak sekolah, ini perlu dukungan semua, makanya pemerintah kabupaten kota dimohon bantuan dan dukungannya," ujarnya.

Kegiatan"Roadshow Bus KPK" kata dia, akan digelar pada 1-3 September 2023. Peluncuran kegiatan digelar pada 31 Agustus 2023.

Kabupaten kota yang disinggahi bus KPK yakni Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan, Seluma. Pada 1 September dilanjutkan mengunjungi Kota Bengkulu, kemudian bergeser ke Kabupaten Bengkulu Tengah, Kepahiang dan Kabupaten Rejang Lebong.

Setelahnya itu "Roadshow Bus KPK akan bertolak ke provinsi tetangga Bengkulu, yakni Jambi. Road show tersebut rencananya akan berlangsung sampai ujung barat Sumatera, yakni Provinsi Aceh.

BACA JUGA:Akhir Agustus Ketua KPK ke Bengkulu, Pejabat Bengkulu Mulai Sibuk Rapat

Roadshow Bus KPK RI Bengkulu sudah dimulai sejak kemarin, Minggu (27/8) yang diawali dari Kabupaten Kaur, Bengkulu Selatan dan Seluma.

Dan hari ini, Senin (28/8) untuk persiapan roadshow di Kota Bengkulu yang dijadikan lokasi launching roadshow KPK RI di Wilayah Sumatera.

Rencananya dihadiri langsung Ketua KPK RI, Firli Bahuri dan rapat koordinasi kembali bertempat di Ruang Pola Bappeda Provinsi Bengkulu dengan dihadiri seluruh stake holder terkait mulai tingkat provinsi, kabupaten/kota.

Rapat yang dipimpin Asisten III Pemda Provinsi Bengkulu, Nandar Munadi yang juga dihadiri Asisten III Pemda Kota Bengkulu, Tony Alfian serta Koordinator Roadshow Bus KPK RI di Bengkulu, Epi Handayani dan Satgas Ditsoskam KPK RI, Yulianto Sapto memfinaliasi rangkaian kegiatan yang akan dilakukan di Kota Bengkulu mulai dari tanggal 29 Agustus – 3 September 2023 yang secara umum melakukan kampanye dan pendidikan anti korupsi dengan melibatkan elemen masyarakat juga pemerintah.

BACA JUGA:Rombongan KPK Perkenalkan 3.000 Penyuluh Anti Korupsi, Bupati Gusnan Mulyadi Bilang Siap Berantas Korupsi


Dalam kegiatan roadshow itu,  pawai berkeliling di Kota Bengkulu dengan rute mulai Balai Raya Semarak - Polresta – Kantor Pos melewati SDN. 1, SDN. 8, SDN. 11, SDN. 37, SMPN. 9 – Benteng Marlborough – BI – UNIHAZ – SMPN. 1 – Suprapto – Simpang 5 – Basuki Rahmat – Simpang Jam – SMAN. 5 – SMPN. 2 – Simpang Stadion – SMKN. 1 – SMKN. 3 – Simpang Skip – Simpang 5 – Rumah Fatmawati – SDN. 2 – Simpang Penurunan – Masjid Agung At Taqwa – SMPN. 13 – Rumah Bung Karno – SDN. 9 – Simpang Lima – Suprapto – Majid Jamik – Simpang BI – Gedung Daerah.

BACA JUGA:24 September Akhir Masa Jabatan Helmi-Dedy Bakal Undang Seluruh Masyarakat Kota Bengkulu di Gedung Merah Putih

Dalam pawai tersebut, tim juga akan mengunjungi sekolah-sekolah untuk memberikan sosialisasi, kampanye dan pendidikan anti korupsi kepada pelajar.  Setelah melakukan rangkaian kegiatan di Kota Bengkulu, Roadshow Bus KPK RI akan melanjutkan perjalanan ke provinsi lainnya di Sumatera mulai dari Jambi sampai Aceh, yang dalam perjalanan itu juga akan melewati beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu sembari melakukan sosialisasi dan kampanye anti korupsi di  Pemkab Bengkulu Tengah, Kepahiang dan Rejang Lebong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: