Tidak Bisa Makan Selama Dua Bulan Demi Calon Anak Ikan

Tidak Bisa Makan Selama Dua Bulan Demi Calon Anak Ikan

Arowana Jantan erami telur sampai menetas didalam mulut-ist-

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Tahukah kamu, ikan jantan jenis ini rela tidak makan hingga sampai 2 bulan demi melindungi telur yang akan menetas menjadi anak ikan. Telur-telur ikan itu disimpan dan dieram didalam mulut, sampai masa penetasan tiba. 

 

Ya, ikan yang masih sangat mahal harganya di pasaran ini bernama Arowana. Fakta unik dari arowana jantan yakni bertugas menjaga telur sampai menetas. Agar tidak dimakan predator lain, telur-telur tadi disimpan didalam mulutnya yang besar. Karena mulut arowana jantan dipenuhi telur yang jumlahnya bisa sampai 200 butir, maka sang arowana jantan tidak bakal bisa mengkonsumsi makanan apapun hingga telur menetas. Menurut beberapa pakar disebutkan masa pengeraman telur bisa sampai 2 bulan. 

BACA JUGA:Ikan Termahal di Dunia, Salah Satunya Dijual Rp 48 Miliar

Wah, sungguh besar pengorbanan ikan arowana jantan, rela tidak makan sampai dua bulan lamanya demi perkembangan anak. Karakter unik ikan arowana jantan ini juga sering dijadikan edukasi tentang pengorbanan seorang ayah untuk keluarganya. Banyak yang mengagumi karakter pengorbanan yang ditunjukan arowana jantan ini.

 

Masuk ke pembahasan lain, Ikan Arowana hampir bisa ditemui di seluruh wilayah Dunia. Sudah banyak para pedagang yang menjual spesies ini. Bahkan di Indonesia, Ikan Arowana sudah berhasil dikembang-biakan sehingga menjadi sumber bisnis yang cukup menjanjikan.

BACA JUGA:Lukuk Cabi, Lalapan Khas Masyarakat Kaur, Mau Coba?

Ikan Arowana ini di kebudayaan Tiongkok dipercaya bisa membawa hoki. Bangsa Tiongkok mengatakan ikan ini sangat mirip dengan Naga yang dipercaya bisa membawa kesuksesan. Memang dari penampilan wajah ada bagian tubuh yang tumbuh seperti kumis persis seperti gambaran seekor naga. 

 

Dan jenis ikan arowana yang paling digemari yakni yang berwarna merah, karena bagi kebudayaan mereka warna merah simbol keberuntungan. Demikian ulasan singkat tentang pengorbanan arowana jantan, semoga ulasan ini bermanfaat. (**).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id