Repot Belanja Tiap Hari, Beli Sekali Banyak, Ini Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Tahan Lama

Repot Belanja Tiap Hari, Beli Sekali Banyak, Ini Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Tahan Lama

Cara Membekukan Sayuran -Ist-

RADAR BENGKULU - Menyimpan sayuran di kulkas memang tidak sulit, namun juga tidak mudah. Cara penyimpanan bervariasi tergantung pada sayurannya.  
 
Tidak semua orang bisa membeli sayur segar setiap hari. Ada orang yang berbelanja tiga hari sekali. Bahkan ada yang seminggu sekali. 
 
Kita perlu tahu cara menyimpan sayuran di kulkas agar sayuran tetap segar meski sudah lama disimpan. Kali ini kami ingin berbagi cara penyimpanan sayur di kulkas agar sayur segarnya tahan lama. Berikut ulasannya. 
 
1. Simpan Sayuran di Wadah Berbeda 
 
Setiap sayuran memiliki ketahanan yang berbeda. Ada yang bisa tahan beberapa bulan, ada pula sayur yang cepat rusak dalam hitungan hari.
 
Oleh karena itu, cara penyimpanannya, masing-masing jenis sayur ditempatkan di tempat yang berbeda sebelum disimpan dalam kulkas. 
 
Trik paling mendasar dalam menyimpan sayuran di kulkas adalah dengan menghindari menyimpannya di satu tempat untuk semua jenis sayuran.
 
Wadah penyimpanan sayuran sebaiknya dipisah tergantung jenis dan ketahanan. Misalnya, tomat tahan 1 sampai 5 hari, kentang 2 sampai 3 minggu, bawang bombay 1 sampai 2 bulan, dan seterusnya. 
 
Agar sayuran tetap segar, kita perlu memilahnya. Pisahkan sayuran berdasarkan bentuk, jenis, dan warna.
 
Tujuan dari penyortiran ini untuk memisahkan sayuran yang mudah layu dan yang tahan. 
 
Sebab, dengan dicampur sayur yang bisa busuk lebih dulu akan mencemari sayuran lain yang semestinya masih bisa bertahan dalam waktu yang cukup lama.  
 
Proses pemisahan ini bisa juga kita manfaatkan untu memilih bahan-bahan sayur yang rusak dan mungkin kadaluarsa. Termasuk kita bisa membuang bagian sayur yang sudah layu sebelum disimpan, bagian akan dan lainnya yang bisa memicu sayuran cepat buksum akibat teroksidasi. 
 
2. Pilih Paket Penyimpanan yang Tepat  
 
Setelah disortir, sayuran dapat disimpan lebih lama di kulkas dengan memilih kemasan penyimpanan yang sesuai.  
 
Ada banyak variasi pilihan kemasan makanan. Ada tempat dimana kita bisa menggunakan tas Ziploc, mangkuk logam, silikon, aluminium foil, dan lainnya. 
 
Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan sayuran kita. Misalnya, saat menyimpan kentang, jangan pada wadah tertutup rapat atau mendapat udara. Pastikan paket wadah penyimpanan kentang memungkinkan silkulasi udaranya lancar. 
 
Kemudian, sayuran seperti daun bawang dan sayuran berdaun hijau, wadah yang digunakan justru sebaiknya wadah kedap udara, untuk mencegah penguapan udara. 
 
Pengemasan ini dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan sayuran.   
 
3. Cara Membekukan Sayuran  
 
Cara menyimpan sayuran di kulkas. Misal, untuk menyimpan seledri, daun bawang, cabai, dan sayuran keras, kita dapat menggunakan bagian pembeku atau freezer kulkas.
 
Berbagai sayuran keras seperti wortel, brokoli, zucchini, dan kembang kol paling baik disimpan di dalam freezer. Hal ini dikarenakan sayuran keras memiliki kandungan air yang lebih sedikit.   
 
Jika disimpan di kulkas biasa, sayuran tersebut akan menyerap kelembapan dari lemari es sehingga menyebabkannya menjadi lunak dan busuk.  
 
Tips menyimpan sayuran di kulkas dan freezer; Potong sesuai kebutuhan. Cuci semua sayuran hingga bersih di bawah air mengalir dan pastikan sudah disortir terlebih dahulu. 
 
Selanjutnya meringankan sayuran, lapisi kemasan /wadah dengan tisu, lalu susun sayuran yang sudah dipotong. 
 
Daun bawang dan seledri harus disimpan dengan cara yang sama seperti sayuran keras yang disebutkan di atas.   
 
4. Cara menyimpan sayuran berdaun 
   
Menyimpan sayuran berdaun hijau, pertama bisa meletakan bagian akar sayur kedalam air di dalam wadah. 
 
Namun, tidak semua kulkas memiliki ruang untuk menyimpan sayuran seperti bayam secara tegak.   
 
Jika ruang kulkas terbatas, kita bisa menggunakan cara kedua. Petiklah daunnya terlebih dahulu. Agar sayuran tetap segar, masukkan kain atau tisu yang telah disemprot air ke dalam kemasan penyimpanan.  
 
Cara ketiga adalah yang paling mudah. Potong pangkalnya dan bungkus daunnya dengan koran. Lalu, masukkan ke dalam plastik atau ziplock agar tetap segar. 
 
Semoga ulasan cara menyimpan sayuran diatas bisa bermanfaat bagi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: