Ini Manfaatnya, BPS Bengkulu Utara Sosialisasi Tentang Registrasi Sosial Ekonomi

Ini Manfaatnya, BPS Bengkulu Utara Sosialisasi  Tentang Registrasi  Sosial Ekonomi

Foto bersama saat Sosialisasi Regsosek Dorong Kolabrasi Data Kebijakan Tepat Sasaran-Berlian-radarbengkulu

 

RADARBENGKULU - Badan Pusat Statistik Kabupaten Bengkulu Utara menggelar Sosialisasi Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) dan updating data Desa Rama Agung untuk mendorong kolaborasi data kebijakan tepat sasaran, bertempat di Balai desa Rama Agung, Rabu(18/10/2023). 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Statistik, Perwakilan Dinas Kominfo dan tamu undangan lainnya. 

BACA JUGA:Demi Tingkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan, Bengkulu Utara Gelar Pertemuan BLUD

 

Pemaparan materi dari perwakilan agen statistik dari Desa Cantik, Gede Wahyu Wijaya yang menyampaikan bahwa Regsosek merupakan sistem pendataan kependudukan, data pada sistem ini akan terhubung dengan data kementerian atau lembaga di tingkat pusat hingga data pemerintahan daerah di tingkat desa dan kelurahan. 

Ia menyebutkan bahwa Regsosek ini mencakup profil, kondisi sosial ekonomi dan tingkat kesejahteraan penduduk. Hal tersebut dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas berbagai layanan pemerintah. Seperti pendidikan sosial, kesehatan dan administrasi. 

BACA JUGA:Siap jadi Pilot Project Nasional, Bengkulu Utara Menuju Pembangunan Rendah Karbon dan Berketahanan Iklim

 

"Ini berguna untuk mengidentifikasi kebutuhan kelompok masyarakat yang paling rentan ketika menghadapi bencana, wabah dan kasus ekonomi lainnya," paparnya. 

Beliau juga menjelaskan bahwa manfaat untuk jangka panjang ada 7.  Yaitu pengembangan program jaminan sosial, penantikan program sosial, pengembangan program keterangan pekerjaan dan pemberdayaan ekonomi.

Selanjutnya, penyediaan rumah air dan sanitasi layak serta kelompok tentang disabilitas bagian dalam definisi keuangan dalam komunikasi informatika. 

BACA JUGA:Mandi Bersama 4 Orang Teman, Pelajar SMPN 31 Bengkulu Utara Meninggal

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu