Metode Pendidikan Karakter Rasulullah

Metode Pendidikan Karakter  Rasulullah

Dr. Ujang Mahadi-Adam-radarbengkulu

 

b. Melatih dan Membiasakan

Nabi Muhammad SAW, adalah guru yang mencanangkan pendidikan sejak usia dini, meminta para orang tua dan guru menjadi teladan bagi anak didiknya. Nabi memerintahkan kepada orang tua untuk menanamkan iman sejak anak di masa kecil, melatih dan membiasakan akhlak dan karakter yang baik. 

Beliau mencontohkan dengan menggendong cucunya Hasan dan Husin ke masjid untuk salat berjamaah.

 

c. Membimbing, Mengarahkan, dan Nasihat

Metode ini sering diaplikasikan beliau dalam mengajar dan mengarahkan umat lslam ke jalan yang baik dan benar. Orang tua harus banyak memberikan bimbingan, pengarahan, dan nasihat kepada anak secara maksimal. 

 

d. Metode Kisah

Mendidik melalui cerita yang mengandung pelajaran dan peringatan merupakan salah satu bentuk nasihat yang paling efektif. Rasulullah telah menggunakan metode ini dengan menceritakan kisah bangsa-bangsa terdahulu yang telah punah, atau kisah orang-orang pada masa nabi sebelumnya agar para sahabat dapat mengambil pelajaran dan hikmah dari kisah yang nabi ceritakan.

 

e. Memberi Pujian dan Memuliakan

Metode ini digunakan Nabi Muhammad SAW dalam mengajar. Beliau menyukai dan memuji pertanyaan Mu’adz bin Jabal, “Bagus, sungguh engkau telah menanyakan sesuatu yang sangat berbobot”. Pujian dan sanjungan akan membuat yang bertanya merasa senang dan bahagia. 

 

Demikian khutbah ini, semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT., dan memperoleh Syafaat dari Baginda Rasulullah SAW, di yaumil akhir nanti.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu